Nasi Goreng: Hidangan Terlezat Nomor 2 di Dunia | Breaktime
Nasi Goreng: Hidangan Terlezat Nomor 2 di Dunia
19.04.2016

Pada tahun 2011, CNN Internasional mengumumkan World’s 50 Most Delicious Foods dan memasukkan nasi goreng sebagai makanan paling lezat nomor dua setelah rendang, lho, B’timers! Wah, terbukti menu kuliner dari Indonesia memang keren, ya! Padahal menu ini terlihat sederhana, bahkan tampak biasa saja. Apalagi banyak yang membuat nasi goreng dari nasi sisa kemarin.

Hidangan nasional Indonesia ini disebut-sebut menjadi populer karena bangsa Belanda, lho. Meskipun banyak macam nasi goreng dari kawasan Asia lain, nasi goreng Indonesia terkenal lebih sedap, B’timers. Selain menggunakan nasi sisa yang sedikit kering, rahasia utamanya terletak pada bumbu tradisional yang digunakan.

Nasi Goreng: Hidangan Terlezat Nomor 2 di Dunia | Breaktime
Nasi goreng? Jangan lupa krupuknya, ya?

Awalnya, orang dulu membuat nasi goreng untuk menghindari membuang nasi yang tidak habis. Nasi goreng secara turun temurun disajikan sebagai menu sarapan. Karena proses mengolahnya tidak membutuhkan waktu lama, rasanya juga lebih sedap setelah ditambahkan bumbu halus yang ditumis terlebih dahulu.

Uniknya, nasi goreng yang dikenal dunia digambarkan lebih memiliki sentuhan Indonesia. Entah kapan menu China ini diadopsi, tapi tak menyangkal bahwa nasi goreng a la Indonesia berbeda dengan nasi goreng dari Negeri Tirai Bambu tersebut, B’timers. Bedanya ada pada penambahan kecap manis yang digunakan sebagai pemberi rasa manis.

Nasi Goreng: Hidangan Terlezat Nomor 2 di Dunia | Breaktime
Telur mata sapi setengah matang menambah kelezatan nasi goreng

Sebagai pendamping menu tradisional yang sederhana ini biasanya ada taburan bawang merah goreng untuk memberikan tekstur renyah. Dan tak ketinggalan kerupuk serta potongan timun dan tomat untuk rasa segar. Aromanya yang wangi dari bumbu halus serta rasanya yang gurih, tidak pernah membuat penikmat nasi goreng merasa bosan.

Tidak ada resep wajib untuk membuat nasi goreng, B’timers. Setiap hidangan memiliki keistimewaannya sendiri. Misalnya untuk topping, ada yang menyajikan telur dadar atau telur mata sapi. Selain kecap yang membuat nasi goreng berwarna kecokelatan, di beberapa daerah memambahkan saus tomat sehingga nasi goreng memiliki warna kemerahan.

Nah, jika Anda memiliki resep unik keluarga dengan menu nasi goreng spesial, tidak ada salahnya ikut bergabung di #BTindChallenge. Mengapa harus lewat Breaktime Challenge? Karena hanya di sini Anda dapat membuktikan kemampuan Anda mengolah masakan daerah yang lezat. Ada banyak pilihan lengkap berkaitan dengan #BTindChallenge melalui Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/). Ikuti dan tunjukkan pada dunia, Andalah sang #SmartKoki! Selamat berjuang, B’timers! (NO)

Share This Article