Mudahnya Menganyam Ketupat Hari Raya | Breaktime
Mudahnya Menganyam Ketupat Hari Raya
18.06.2017

Ketupat merupakan makanan khas masyarakat Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapore, dan Brunei yang berbentuk anyaman daun berbentuk segi empat berongga yang kemudian diisi berasdan direbus. Penyebutannya di daerah Indonesia berbeda-beda. Orang Bali menyebutnya tipat, orang Minangkabau menyebutnya katupak, sementara di Banjarmasin disebut katupat, dan sebagainya.

Ketupat dalam menu lebaran adalah sebagai makanan pengganti nasi yang biasanya dihidangkan bersama lontong sayur, rendang, opor, coto makassar, dan lain-lain. Meskipun berbahan dasar nasi, rasanya sedikit berbeda dan teksturnya lebih lembut. Cara makannya pun mudah. Ketupat dibelah menjadi dua dari ujung ke ujung lalu dipotong kecil-kecil seukuran sekali suap.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Membuat Ketupat Homemade Mudah Nan Lezat

Daun yang digunakan dalam membuat ketupat adalah daun kelapa yang masih muda. Alasannya supaya ketupat tidak ditumbuhi jamur dan tidak cepat basi. Lebar proposional daun kelapa yang cocok untuk dianyam adalah sekitar 2-3 sentimeter dengan panjang sekitar 1,5 meter dan berwarna kuning-kekuningan. Biasanya, daun kelapa muda atau yang disebut janur digunakan sebagai penghias acara pernikahan tradisional. 

Mudahnya Menganyam Ketupat Hari Raya | Breaktime
menjadi wajib bila sudah lebaran tiba

B’Timers bisa membeli anyaman ketupat di pasar. Tapi, kalau mau membuatnya sendiri juga bisa, lho. Membuat anyaman ketupat di rumah banyak manfaatnya, nih. Pertama, menghemat biaya. B’Timers hanya elain menghemat biaya, menganyam ketupat bisa menjadi latihan B’Timers dalam melemaskan tangan karena dalam membuatnya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Bagi pemula, menganyam ketupat bisa membuat stress karena membingungkan.

Berikut ini adalah tutorial membuat anyaman ketupat dengan mudah dan cocok bagi Anda yang baru belajar membuat anyaman ketupat. Disimak, yuk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bikin Menu Ketupat Tahu Bandung Super Lezat

Siapkan dua helai daun kelapa yang sama panjang. Kemudian, buang batang daun kelapa dengan cara mengerat menggunakan pisau yang tajam sehingga terpisah batang dan daunnya. Usahakan mengeratnya sedekat mungkin dengan batang agar daun tidak robek. Daun yang robek tidak bisa bisa digunakan dalam proses menganyam ketupat. So, make sure Anda hati-hati. Karena batang daun kelapa tersebut tidak dipakai dalam proses pembuatan anyaman, Anda bisa memanfaatkannya sebagai sapu lidi.

Kemudian, lilitkan satu helai daun kelapa pada telapak kanan tangan hingga 4 lilitan.Lilitkan sehelai daun kelapa lagi pada telapak tangan kiri sebanyak 4 lilitan juga.Pastikan arah lilitan daun pada tangan kiri dan tangan kanan Anda memiliki arah yang berlawanan.Lalu, pegang erat 2 lilitan pada tangan kanan dan kiri anda berdekatan, dan masukan ujung helai daun yang berlawanan seperti menganyam tikar. Berikutnya, anyamlah hingga lilitan yang ke 4.Apabila setiap lilitan telah selesai di anyam semua, Anda akan memiliki ujung helai daun yang kecil mempunyai arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar. 

Mudahnya Menganyam Ketupat Hari Raya | Breaktime
step step cara membuat ketupat

Sekarang, lanjutkan seperti menganyam tikar dengan tarik ujung helai daun yang kecil, dan ambil ujung helai daun yang besar.Kemudian, teruskan anayaman pada ujung helai daun yang besar.Kini Anda menemukan kembali ujung helai daun yang kecil memiliki arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar.Setelah itu, anyam ujung helai daun yang kecil ke arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bikin Ketupat yang Empuk dan Pulen dalam 5 Langkah

Apabila Anda mengikuti setiap langkah diatas dengan benar, maka anyaman ketupat Anda tidak akan gagal. Rapihkanlah anyaman dengan menarik bagian helai daun yang masih kendur.Voila! Anyaman ketupat untuk lebaran Anda siap digunakan.

Pada saat menganyam, Anda perlu konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Seiring waktu berjalan dan semakin sering Anda menganyam, B’Timers akan mulai terbiasa dan tidak perlu takut salah. Jadi, gimana hasil anyaman ketupat B’Timers?



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE