Mudah Lemas dan Letih? Hindari 5 Makanan Ini! | Breaktime
Mudah Lemas dan Letih? Hindari 5 Makanan Ini!
19.02.2016

B’timers, Anda merasa mudah lemas dan letih meski sudah sarapan dan makan siang tepat waktu? Jangan buru-buru minum suplemen penambah energi jika merasakan hal tersebut. Sebaiknya, periksa kembali apa yang telah dan sering Anda makan. Pasalnya, tak disangka-sangka ada beberapa makanan yang bukannya menambah tenaga namun malah cepat membuat tubuh lemas. Makanan apa saja? Yuk, cari tahu!

Buah ceri

Si merah mungil nan segar ini ternyata bisa membuat tubuh Anda mudah lemas. Penyebabnya, ceri mengandung hormon melatonin. Sebagai informasi, melatonin adalah hormon yang sangat baik untuk membangkitkan rasa kantuk. Jadi, jika tidak ingin lemas ketika bekerja, sebaiknya Anda hindari buah ini di siang hari. Sebaliknya, bagi penderita insomnia, konsumsi buah ini di malam hari menjelang tidur.

Mudah Lemas dan Letih? Hindari 5 Makanan Ini! | Breaktime
Ceri mengandung melatonin penyebab kantuk

Roti

Cukup mengejutkan, roti yang mengandung banyak karbohidrat yang mana disebut sebagai sumber energi ternyata juga berpotensi membuat tubuh mudah letih. Secara ilmiah, karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah yang meningkatkan energi. Namun ketika gula darah menurun, secara otomatis tubuh Anda juga akan merasa lemas. Jadi, pikir-pikir lagi untuk sarapan dengan roti sebelum berangkat bekerja.

Pisang

Makan 2 atau 3 batang pisang di pagi hari memang sangat mengenyangkan. Namun sayangnya, buah ini juga termasuk makanan yang bisa membuat tubuh Anda mudah merasa lelah. Pisang mengandung kalium dan magnesium yang membuat Anda mudah mengantuk. Kandungan tersebut membantu mengendurkan otot-otot yang akhirnya mengirim Anda ke alam mimpi.

Mudah Lemas dan Letih? Hindari 5 Makanan Ini! | Breaktime
Kandungan kalium dan magnesium membantu melemaskan otot

Dark Chocolate

Seperti roti, dark chocolate selama ini dikenal sebagai pembangkit energi. Cokelat hitam mengandung serotonin yang membantu tubuh menjadi rileks. Hasilnya, rasa lemas akan menghampiri Anda setelah mengonsumsi sepotong cokelat hitam. Anehnya, cokelat susu sama sekali tidak mengandung serotonin dan justru akan manambah energi Anda. Cukup membingungkan, bukan?

Makanan Turki

Makanan Turki belakangan ini semakin populer di Indonesia. Makanan seperti lentil dan kebab Turki mulai dipasarkan di booth-booth pinggir jalan. Memang enak dan mengenyangkan, namun ternyata makanan Turki juga berpotensi membuat tubuh Anda mudah lemas. Makanan Turki mengandung banyak serotonin yang membuat Anda mudah mengantuk dan lemas.

Jadi, B’timers, berhati-hatilah dalam memilih makanan sebelum beraktivitas pagi agar tetap semangat, ya! (nap)

Share This Article