Most-Avoided Foods Penderita Diabetes Mellitus | Breaktime
Most-Avoided Foods Bagi Penderita Diabetes Mellitus
15.05.2015

Setiap tahunnya, jumlah penderita diabetes mellitus terus meningkat. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2013, tak kurang dari 6,9% penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun dinyatakan mengidap diabetes secara klinis.

Namun, kelompok yang berada pada rentang usia 45 hingga 52 tahun memiliki risiko kekambuhan diabetes mellitus yang cukup parah seiring dengan menurunnya fungsi tubuh dalam menoleransi kadar glukosa dalam tubuh.  Penyebab diabetes mellitus sendiri sangat beragam sesuai dengan tipe yang diderita.

Ada yang diakibatkan karena kerusakan sel beta pankreas, terjadi resistensi insulin, kelainan hormonal, hingga kerusakan hati atau sirosis hepatic. Oleh karena itu, bila B’timers memiliki riwayat keluarga yang sebelumnya menderita diabetes mellitus dan ingin tubuh tetap sehat, pastikan untuk menghindari sejumlah makanan di bawah ini:

Nasi putih

Tingginya kandungan glukosa dalam nasi putih menjadikan Anda harus mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsinya sama sekali. Sebagai gantinya, B’timers bisa menjadikan beras merah yang kaya dengan zat antioksidan berupa antosianin yang dapat menekan perkembangan diabetes mellitus serta dapat pula meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Susu tinggi lemak

Tingginya kadar LDL dalam susu tinggi lemak atau full-fat dairy tak hanya mengancam kesehatan jantung, tapi juga akan membuat resistensi insulin B’timers makin parah. Gantilah dengan skim milk yang memiliki kadar gula dan kolesterol rendah yang aman bagi kesehatan.

Alkohol

Lupakan alkohol, ganti dengan air putih
Lupakan alkohol, ganti dengan air putih

Lupakan alkohol lantaran minuman satu ini dapat mendongkrak gula darah secara gila-gilaan. Gantilah minuman Anda dengan memperbanyak konsumsi air putih yang kandungan yang lebih ramah bagi tubuh dan mencegah Anda dehidrasi lantaran sering buang air kecil.

Daging Berlemak

Tak hanya susu berlemak tinggi, daging berlemak tinggi yang kaya akan lemak jenuh juga akan memicu tingginya kadar kolesterol yang mengakibatkan peradangan dalam tubuh. Pilihlah daging dengan kandungan protein tinggi namun lemak rendah seperti ayam tanpa kulit, kalkun, dan ikan.

Makanan gorengan

Tak hanya menghindari daging berlemak, hindarilah makanan gorengan yang kaya akan lemak trans yang akan mengacaukan kadar gula dalam darah. Lemak trans yang tak sehat ini juga akan menimbulkan peradangan dalam tubuh.

Nah, bila B’timers memang memiliki riwayat penyakit diabetes dalam keluarga, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan kemunculan diabetes mellitus dengan merubah pola makan menjadi lebih sehat agar tubuh pun lebih fit saat beraktivitas.

Share This Article