Mood Booster Food untuk Ibu Hamil | Breaktime
Mood Booster Food untuk Ibu Hamil
05.03.2015

“You are what you eat”

Menurut penelitian, 10 hingga 20% wanita dinyatakan mengalami depresi selama kehamilan (antepartum depression). Untungnya, banyak pilihan treatment yang bisa dilakukan seperti terapi, pengobatan dan support groups. Lantas bagaimana dengan makanan yang Anda konsumsi?

Memanfaatkan makanan sebagai “obat” untuk meningkatkan mood booster hormone merupakan salah satu treatment yang bisa Anda coba. Ini dia beberapa makanan sehat yang harus tersaji di piring B’timers selama masa kehamilan:

Oatmeal

Mood Booster Food untuk Ibu Hamil

Sajian yang cocok untuk sarapan ini kaya akan serat larut yang bisa memperlambat proses penyerapan gula dan membantu meningkatkan produksi hormon serotonin, sejenis senyawa kimia atau neurotransmitter yang dapat meningkatkan mood Anda. Semangkuk oatmeal dengan topping buah segar cocok sekali dijadikan pembuka hari yang menyenangkan!

Susu

Mood Booster Food untuk Ibu Hamil

Susu sapi murni dan susu kedelai tinggi akan vitamin D yang bisa meningkatkan produksi hormon serotonin seperti halnya oatmeal. Mengonsumsi segelas susu setiap pagi bisa memberikan cukup energi bagi Anda untuk beraktivitas seharian. Namun ingat, hindari menambahkan terlalu banyak gula di dalam susu agar tidak menimbulkan obesitas alias kegemukan yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Gandum dan kacang-kacangan

Mood Booster Food untuk Ibu Hamil

Saat hamil, lupakan sejenak program penurunan berat badan Anda. Tak perlu berfokus pada diet rendah karbohidrat. Nikmati saja karbohidrat kompleks seperti yang ada dalam gandum dan kacang-kacangan. Selain baik untuk jantung, gandum dan kacang-kacangan juga bisa membantu produksi serotonin dalam tubuh.

Kubis, bayam dan aneka sayuran berdaun hijau

Mood Booster Food untuk Ibu Hamil

Sayuran pembangkit tenaga ini mengandung folat, yaitu sumber vitamin B alami yang dapat mempengaruhi neurotransmitter yang berperan dalam mengubah mood. Asam folat membantu pembentukan dopamin (neurotransmitter rasa bahagia), serta sangat penting bagi semua wanita hamil untuk mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

Dark Chocolate

Mood Booster Food untuk Ibu Hamil

Menyenangkan bukan melihat camilan kesukaan B’timers ada dalam daftar? Ya, dark chocolate kaya antioksidan yang baik untuk jantung sekaligus mampu meningkatkan produksi serotonin. Efeknya? Tentu saja membuat mood jadi lebih stabil dan memunculkan perasaan happy setiap saat.

So, eat up on these delicious mood-boosting foods, sebagai alternatif pilihan untuk mengatasi depresi pada masa kehamilan. Dan ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai segala pertanyaan dan kekhawatiran tentang kesehatan kehamilan.

Share This Article