Mitos Aneh Tentang Makanan di Seluruh Dunia | Breaktime
Mitos Aneh Tentang Makanan di Indonesia dan Seluruh Dunia
27.11.2015

Kita tidak pernah lepas dari yang namanya mitos atau kepercayaan tentang hal-hal tertentu. Mengikuti tradisi yang selalu ada dari masa ke masa, salah satu yang paling terkenal adalah mitos yang beredar seputar makanan. Tentu B’timers juga familiar dengan sejumlah mitos tentang makanan yang sering terdengar dari orang-orang tua.

Contohnya saja, tidak boleh makan pantat ayam karena bisa menyebabkan kita jadi pelupa. Terkadang, tanpa ada penjelasan ilmiah yang benar-benar masuk akal, sejumlah mitos tetap sangat kuat berpengaruh dan dipercaya oleh sebagian besar masyarakat hingga kini. Lalu, apa saja ya, mitos-mitos seputar makanan yang masih diyakini hingga sekarang?

  • Saat mengupas roti tawar, jika di dalam roti tersisa lubang yang berukuran besar dan terlihat seperti bekas gelembung, mitosnya akan ada orang yang meninggal. Konon, lubang yang terdapat pada potongan ibarat kuburan, dan itu mengingatkan pada kerabat yang akan tiada.
  • Telur melambangkan kesuburan. Ketika telur dipanen dan terlihat retak di kulitnya, maka telur tersebut takkan dipakai dan dibuang ke ladang. Cara ini dipaercaya para petani bisa membawa kesuburan untuk tanah mereka.
  • Mitos kali ini datang dari bawang putih. Tak hanya bisa menjauhkan kita dari vampir, percaya tak percaya, bawang putih diyakini dapat menyakiti mata hantu yang sedang mengganggu kita.
  • Garam tak boleh dibuang-buang, sebab itu bisa mendatangkan nasib buruk pada Anda. Namun, garam dipercaya bisa membantu menjauhkan dan mengusir setan, caranya adalah dengan menaburkan garam ke arah kiri tubuh menggunakan tangan kanan.
  • Masyarakat Cina mempercayai mie sebagai lambang umur panjang. Karena itulah, saat seseorang sedang berulang tahun, disarankan ia makan mie tanpa boleh diputus, agar umurnya panjang.
Mitos Aneh Tentang Makanan di Seluruh Dunia | Breaktime
Mitos aneh tentang makanan masih dipercaya hingga kini
  • Sebuah mitos aneh juga melarang wanita yang belum menikah menuangkan susu ke dalam teh jika belum menuangkan gula untuk teh tersebut. Jika itu dilakukan, konon wanita tersebut akan menjadi perawan tua.
  • Saat kopi masih panas dan ada gelembungnya, segera minum semua gelembung itu dengan menyaringnya menggunakan sendok. Menurut mitos, saat Anda berhasil menghabiskan semua gelembung kopi tersebut, maka rezeki akan mendatangi Anda.
  • Mitos yang ini boleh dipercaya atau tidak oleh yang sedang jatuh cinta. Konon, jika Anda memberikan sebuah jeruk pada orang yang Anda sukai, maka ia akan jatuh cinta kepada Anda. Wow.
  • Kali ini adalah mitos untuk pengantin baru, jika kita menaburkan beras pada pengantin yang baru saja menikah, diyakini itu akan membawa kebahagiaan, kemakmuran dan keberuntungan serta kesehatan untuk mereka.
  • Mitos yang satu ini ditujukan untuk para pria. Konon seorang pria tak boleh menggunakan benda tajam untuk memotong pisang. Hal ini diyakini bisa mendatangkan nasib buruk kepada mereka.

Mitos-mitos di atas memang terdengar cukup aneh dan bahkan mungkin lucu, ya, B’timers? Ya, mitos memang sekadar mitos dan tak lebih. (md)

Share This Article