Miris, Perubahan Iklim Buat Makanan Tak Bergizi! | Breaktime
Miris, Perubahan Iklim Buat Makanan Tak Bergizi!
13.08.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

CO2 membuat tanaman pangan tak lagi bergizi



Sudah bukan rahasia umum lagi jika bumi ini mengalami perubahan iklim ekstrim beberapa tahun terakhir ini. Hal ini jelas dikarenakan oleh banyak hal, salah satunya globalisasi. Kenaikan karbondioksida di Bumi pun semakin meningkat. Ini karena banyak pohon yang ditebang dan diganti dengan infrastruktur canggih.

Hal tersebut nyatanya tak hanya berpengaruh pada cuaca dan suhu di Bumi saja, tetapi juga merusak nilai nutrisi dari tanaman-tanaman pangan yang memang belakangan ini semakin memburuk. Penelitian dari Enviromental Health Perspectives mencatat kandungan protein beras, gandum, barley, dan kentang menurun hingga 6% dan 14% jika ditanam di lingkungan dengan CO2 yang sangat tinggi.

Hal tersebut juga bisa menyebabkan resiko kekurangan protein para penduduk Bumi. Jika 15 tahun sebelumnya manusia mengantisipasi dampak kesehatan akibat CO2, tidak akan mungkin terjadi penurunan gizi pada bahan pangan.

Miris, Perubahan Iklim Buat Makanan Tak Bergizi! | Breaktime
Perubahan iklim membuat banyak hal di bumi rusak, termasuk tanaman pangan

Baca juga : SIMAK TANDA TUBUH KEKURANGAN GIZI BERIKUT INI!

Bahkan ada 18 negara yang beresiko kehilangan lebih dari 5% protein makanan pada tahun 2050 jika level karbondioksida terus meningkat. Ternyata tak hanya protein, kekurangan zat besi di beberapa negara bahkan telah banyak terjadi. Lebih dari 1 miliar wanita pada masa subur dan anak di bawah usia 5 tahun kehilangan 4% zat besi akibat CO2. Resiko ini lebih banyak terjadi di negara-negara Asia Selatan dan Afrika Utara.

Hal ini dikarenakan keegoisan manusia, khususnya negara-negara yang menyebabkan terus meningkatnya kadar karbondioksida di Bumi. Pada akhirnya orang-orang miskin yang akan paling menanggung akibat dari apa yang dilakukan oleh para raksasa.

Setidaknya, sekarang ini menjadi tugas kita semua untuk membantu mengurangi peningkatan CO2 mulai dengan cara yang paling kecil, seperti tidak merusak tanaman-tanaman yang hidup di bumi, khususnya pohon. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE