Minyak Zaitun dan Ubi Jalar, Sehat untuk Diabetes | Breaktime
Minyak Zaitun Hingga Ubi Jalar, Rahasia Menu Sehat untuk Diabetes
01.11.2015

Bagi penderita diabetes, salah dalam mengonsumsi sesuatu bisa berbahaya pada kelangsungan hidupnya. Akan tetapi, tidak semua makanan berbahaya untuk para pasien diabtes. Di dunia ini masih banyak makanan yang rendah gula akan tetapi bisa memenuhi kebutuhan gizi para pasien diabetes.

Kali ini, Breaktime akan memberikan contoh makanan terbaik yang bisa dikonsumsi mereka para penderita diabetes:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa menggantikan fungsi dari minyak goreng atau margarin. Selain itu, minyak zaitun juga menurunkan risiko seseorang terserang diabetes sampai 50%. Minyak ini juga baik untuk kesehatan tubuh seseorang yang menderita diabetes dengan cara melindungi tiap sel dari kerusakan dan juga melancarkan pembuluh darah dari penumpukan glukosa.

2. Apel

Buah bulat dengan rasa manis ini sangat ramah untuk tubuh para pasien diabetes. Meskipun rasanya manis, kandungan gula pada apel tidak banyak. Maka dari itu, apel adalah salah satu buah yang aman dikonsumsi oleh pasien diabetes. Selain aman, buah ini juga mengandung beberpa nutrisi penting seperti Vitamin C dan juga antioksidan.

3. Brokoli

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Warwick University dan dimuat dalam jurnal Diabetes, brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mampu pmemperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat dari gangguan gula darah.

Minyak Zaitun dan Ubi Jalar, Sehat untuk Diabetes | Breaktime
Tidak hanya terbebas dari diabetes, kesehatan tubuh juga lebih terjaga dengan makanan-makanan tersebut

4. Ikan

Salah satu jenis protein sehat yang berasal dari laut ini sangat menyehatkan untuk tubuh. Apalagi kandungan gizinya yang ramah untuk pasien diabetes, bisa membantu pasien terbebas dari rasa bosan saat melengkapi jadwal makan harian mereka. Selain itu, kandungan lemak baik pada ikan juga membantu tubuh untuk menghilangkan tumpukan glukosa di pembulu darah dengan cara mengikatnya dan kemudian dibuang.

5. Ubi jalar

Salah satu jenis makanan yang mengenyangkan selain nasi ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ubi jalar mampu mengurangi HbA1C sebanyak 0,3% sampai 0,57% dan juga mampu mempercepat pemrosesan glukosa darah sebanyak 10 sampai 15 poin. Oleh karena itu lah, banyak program diet gula yang menganjurkan ubi sebagai menu utamanya.

Bagi B'timers yang sedang dalam proses penyembuhan atau mencegah diabetes, bisa mengkonsumsi beberapa makanan di atas. Keep healthy, B’timers!

Share This Article