Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia | Breaktime
Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia
26.10.2017

Menu sarapan di tiap negara memang memiliki ciri khas masing-masing. Sarapan sehat tak lagi harus berupa sereal atau oatmeal, karena olahan aneka produk lokal dari berbagai negara bisa Anda andalkan sebagai alternatif sarapan bergizi. Apabila mayoritas daerah di Indonesia identik dengan nasi sebagai menu utama saat sarapan, negara-negara lain memiliki menu makan sehat yang tak kalah lezat dan mengenyangkan untuk disantap di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Tentu saja, sangat sulit untuk menentukan satu menu sarapan sebagai representasi beberapa negara melting pot seperti Indonesia maupun Amerika Serikat.

Di Amerika, misalnya, menu sarapan klasik terdiri dari kombinasi antara telur dan bacon, smoothie bowl, hingga pancake. Sebaliknya, chilaquiles menjadi signature dish saat sarapan di Meksiko sama halnya dengan churros yang dicelup ke segelas coklat panas di Spanyol. Di berbagai belahan dunia, berbagai menu sarapan sehat tersebut bervariasi mulai dari yang bercitarasa manis hingga asin namun dengan sentuhan lokal serta kandungan nutrisi masing-masing. Berikut ini rangkuman beberapa menu sarapan sehat berbagai negara di dunia yang tentunya bisa Anda coba sajikan sendiri di rumah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Enak di Malang Ini Jadi Ciri Khas Malang
Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia | Breaktime
Sarapan sehat Australia identik dengan roti tawar oles alpukat maupun vegemite

Australia pernah mengawali tren sarapan yang menjadi menu hipster di Amerika, yakni roti tawar oles alpukat dan semangkuk sereal gandum. Smashed avocado selalu menjadi salah satu menu andalan di rumah-rumah maupun kafe-kafe di Australia, seringkali didampingi dengan segelas kopi espresso dan tambahan milk foam di atasnya. Perpaduan buah-buahan tropis seperti mangga, papaya, sirsak, black sapote, pumelo, dan nanas juga sering menjadi menu makan sehat di Negeri Kanguru ini. Tentu saja, sarapan ala Australia belumlah lengkap tanpa roti oles Vegemite. Salah satu jenis olesan roti dengan citarasa gurih nan kuat ini juga memiliki kandungan vitamin B yang tinggi dan menjadi bahan pangan otentik khas Australia yang banyak dicari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bawang Merah vs Bawang Putih, Mana yang Terbaik?
Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia | Breaktime
Ikan dan yoghurt skyr selalu tersaji sebagai menu sarapan di Islandia

Sebagai salah satu negara tersehat di dunia, menu sarapan Islandia identik dengan olahan laut, daging berkualitas, hingga aneka olahan susu sebagai sumber asupan protein. Yoghurt tradisional dari Islandia bernama skyr seringkali menjadi salah satu menu andalan di pagi hari. Singkatnya masa bercocok tanam di Islandia menghasilkan ragam produk pertanian yang terbatas. Meski demikian, sarapan di Islandia tak kalah sehat dari negara-negara lainnya dengan berbagai olahan laut. Sereal oatmeal kaya serat yang berpadu sempurna dengan kandungan minyak ikan yang kaya omega-3 menjadi menu sarapan andalan di Negeri Es tersebut, ditambah lagi dengan tradisi mengkonsumsi sesendok makan minyak ikan cod tiap pagi yang kaya akan kandungan vitamin A dan D.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berani Cicipi Menu Masakan Indonesia Ekstrem Ini?

Menu sarapan Israel terkenal bergizi tinggi, seperti buah dan sayuran segar hingga aneka kuliner lokal. Menu sarapan andalan warga Israel biasanya terdiri dari salad buah dan sayur potong, irisan buah segar, lebeni atau sejenis yoghurt oles khas Israel, telur rebus, dan tentunya shakshuka. Menu sarapan yang tak hanya menggairahkan tapi juga menyehatkan ini terdiri poached egg yang direndam dalam kuah kental saus tomat, keju segar, merica, saus bawang, cumin, dan paprika. Shakshuka biasa dinikmati orang Israel bersama roti pita maupun irisan challah. 

Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia | Breaktime
Sup Miso yang jadi salah satu andalan sarapan sehat di Jepang

Di Jepang, menu makan sehat yang biasa disantap pada saat sarapan memiliki kandungan zat gizi seimbang, sebut saja sup miso yang terdiri dari kacang kedelai tumbuk dan kouji (malt). Proses fermentasi dalam berbagai olahan khas Jepang menghasilkan hidangan yang memiliki kandungan kolesterol rendah serta bermanfaat bagi keseimbangan pencernaan maupun hormon tubuh. Buah-buahan setiap musim di Jepang juga memberikan tambahan asupan vitamin, serat, dan potassium bagi penduduk Negeri Sakura tersebut. Natto merupakan menu sarapan favorit yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai dan berkhasiat mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol serta meningkatkan daya ingat. 

Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia | Breaktime
Sarapan sehat ala warga Texas dengan Tortilla

Tortilla sudah tersohor sebagai menu sarapan andalan di Texas. Sarapan sehat pun menjadi kegiatan menyenangkan dengan kombinasi bacon, keju, daging kering, kentang chorizo, serta kacang atau paprika berbalut kulit tortilla.

Dari berbagai negara di atas, menu sarapan sehat yang manakah yang ingin Anda cicipi kelezatannya? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE