Menu Apa yang Wajib Ada Saat Lebaran? Intip yuk! | Breaktime
Menu Apa Saja yang Wajib Ada Saat Lebaran? Intip, yuk!
06.07.2016

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya, apa yang selalu ada di atas meja makan di hari Lebaran di rumah Anda, B’timers? Ya, beberapa menu Lebaran memang sudah menjadi tradisi. Jadi ketika tidak ada, maka perayaan Idul Fitri pun terasa kurang spesial. Nah, bagaimana kalau sekarang kita intip menu wajib saat Lebaran tiba berikut ini, B’timers?

Ketupat Lebaran

Berbahan dasar beras, ketupat menjadi salah satu menu yang harus ada ketika Lebaran. Dibungkus daun kelapa muda yang dianyam, ketupat yang menjadikan menu Lebaran lengkap. Nikmat dipadukan dengan lauk dan sayur apapun, khususnya yang berkuah santan. Tapi tahukah Anda, bahwa ketupat bukanlah menu khas dari Indonesia? Ya, karena di beberapa negara Asia Tenggara lain juga mengenal ketupat.

Menu Apa yang Wajib Ada Saat Lebaran? Intip yuk! | Breaktime
Waaa! Opor ayam, lengkap dengan sambal goreng dan ketupatnya!

Opor ayam

Ya, benar! Alasan kita meluangkan waktu untuk mudik ke kampung halaman adalah untuk menikmati opor ayam buatan ibu di rumah. Paling pas jika dinikmati bersama dengan ketupat. Daging ayam direbus menggunakan santan, dengan bumbu rempah khas Indonesia. Kuah kentalnya yang meresap ke dalam daging, menciptakan rasa gurih dengan tekstur ayam yang empuk. Hmm, siapa yang tak tergoda?

Rendang daging

Dikenal sebagai makanan paling enak nomor satu di seluruh dunia, rendang yang merupakan masakan khas Minangkabau ini tak kalah dengan opor ayam, lho, B’timers. Bedanya dengan opor, rendang tidak berkuah, meskipun sama-sama diolah dengan santan. Selain itu rasa pedas dari bumbu tradisionalnya yang membuat ketagihan. Anda tinggal pilih, mau rendang daging, hati, paru, ayam atau bebek nih?

Sambal goreng

Meskipun nama menunya adalah sambal goreng, tetapi rasanya tidak terlalu pedas, kok, B’timers. Yang paling populer sebagai menu saat Lebaran adalah sambal goreng kentang. Namun biasanya juga ada tambahan potongan hati dan rempela ayam. Dinikmati begitu saja atau dipasanngkan dengan lauk khas Lebaran lainnya bersama ketupat, hmm, sambal goreng kentang hati adalah pelengkap yang sempurna.

Menu Apa yang Wajib Ada Saat Lebaran? Intip yuk! | Breaktime
Tebak, ini kue kering apa, B’timers?

Kue kering

Eits, ternyata menu wajib saat Lebaran tiba bukan hanya makanan besar saja, lho, B’timers. Varian kue kering dengan berbagai bentuk yang unik dan lucu pun tidak boleh ketinggalan. Ada yang rasanya manis, ada pula kue kering yang rasanya gurih. Tertata rapi dalam toples bening, kue-kue kering itu seolah-olah memanggil nama kita untuk segera melahapnya. Kue kering Lebaran mana yang paling Anda sukai, nih?

Wow, meskipun dikenal sebagai menu wajib saat Lebaran, tapi yang jauh lebih penting adalah kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga, ya, B’timers? (NO)

Share This Article