Mentega dan Margarin, Serupa Tapi Tak Sama | Breaktime
Mentega dan Margarin, Serupa Tapi Tak Sama
18.11.2015

B'timers hobi memasak? Pasti tidak asing dengan mentega dan margarin, kan? Kedua bahan ini sering disalahpahami dan dianggap sama. Padahal, keduanya berbeda dan memiliki fungsi masing-masing seperti berikut ini:

1. Mentega

Mentega dan Margarin, Serupa Tapi Tak Sama | Breaktime
Berwarna kuning dan sering digunakan untuk memasak telur

Mentega terbuat dari lemak hewani dan biasanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng. Karena berbahan dasar lemak hewan, mentega mengandung lemak jenuh sebesar 66% dan 34% sisanya adalah lemak tak jenuh. Akan tetapi, lemak mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A dan D.

2. Margarin atau butter

Mentega dan Margarin, Serupa Tapi Tak Sama | Breaktime
Berwarna sedikit lebih cerah dan terbuat dari lemak tumbuhan

Margarin terbuat dari lemak nabati, sehingga memiliki lemak jenuh lebih sedikit dibandingkan mentega. Meskipun begitu, tetap saja margarin mengandung lemak yang bisa membahayakan tubuh apabila dikonsumsi terlalu banyak.

3. White butter

Mentega dan Margarin, Serupa Tapi Tak Sama | Breaktime
Produk lain dari sapi yang lebih tawar rasanya.

Sama halnya dengan mentega, white butter berbahan dasar lemak hewani yang berasal dari susu sapi. Namun, white butter memiliki rasa yang lebih tawar dan biasanya digunakan untuk membuat butter cream atau campuran adonan kue.

Menggunakan jenis yang manapun, alangkah lebih baiknya jika tidak melebihi batas. Meskipun lemak adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh, konsumsi lemak dalam jumlah besar akan membahayakan tubuh. Jadi, gunakan secara bijak, ya! (wsu)

Share This Article