Mengunyah Permen Karet Ternyata Bermanfaat | Breaktime
Mengunyah Permen Karet Ternyata Bermanfaat, Lho! Kok Bisa?
07.01.2016

Hmm, nyam nyam, bubble gum! Anda sering mengunyah permen karet ketika sedang senggang? Apalagi sekarang sudah banyak macam rasa yang ditawarkan. Jadi sepertinya mimpi Willy Wonka menjadi kenyataan di era modern, ya?

Tapi tahukah Anda, kapan pertama kalinya manusia mulai mengunyah permen karet? Jangan-jangan permen itu baru muncul setelah abad modern. Wah, berarti Anda perlu membaca sejarah tentang permen karet, nih.

Sejarah permen karet

Ternyata orang-orang sudah mulai mengunyah permen karet sejak waktu yang lama, lho, B’timers. Adanya bukti yang menyebutkan bahwa masyarakat Eropa Utara mengunyah campuran getah pohon sejak 9.000 tahun yang lalu, selain untuk kesenangan juga sebagai obat penghilang rasa sakit gigi.

Bahkan peradaban kuno suku Maya mengunyah serat pohon sawo, untuk menghilangkan dahaga atau rasa lapar. Namun hanya anak-anak dan wanita lajang yang boleh mengunyah di tempat umum. Sementara wanita yang menikah atau janda hanya boleh melakukannya ketika sendirian untuk mengharumkan napas. Dan para pria di tempat rahasia untuk membersihkan gigi mereka.

Baru di abad ke 20, seorang pria yang paling sehat di Amerika, William Wrigley Jr. membuat permen karet modern dan menawarkannya di toko-toko di Chicago. Pada tahun 1893, dia melaunching 2 merek baru, Juicy Fruit dan Wringley’s Spearmint.

Dan, mengunyah permen karet bermanfaat tidak, sih?

Banyak ahli kesehatan yang mengatakan, teratur mengunyah permen karet ternyata baik untuk kesehatan Anda, lho, B’timers. Well, kecuali permen karet yang mengandung gula tentunya memang sebaiknya dihindari atau dikurangi.

  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Mengunyah permen karet terbukti dapat menambah fungsi kogniti,  seperti konsentrasi dan daya ingat. Karena ternyata aliran darah meningkat sebanyak 25 % - 40 % ke otak ketika kita mengunyah. Hal itulah yang menyebabkan peningkatan jumlah oksigen masuk ke otak, dan membantu menambah daya ingat dan fungsi kognitif lainnya.

Mengunyah Permen Karet Ternyata Bermanfaat | Breaktime
Jika ingin mengusir rasa ngantuk, kunyahlah permen karet
  • Membantu kita terjaga

Sama halnya dengan meningkatnya daya ingat, penelitian menunjukkan mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan. Gerakan mengunyah menstimulasi saraf dan bagian otak lain yang mengatur gairah seseorang. Ini akan membantu kita dapat terjaga lebih lama.

  • Melawan stres dan kegelisahan

Kegiatan yang satu ini merupakan cara untuk menghilangkan kegelisahan, seperti menggigiti kuku dan menggoyang-goyangkan kaki ketika merasa stres. Dari penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet membantu mengurangi pelepasan hormon stres bernama kortisol.

  • Melindungi gigi

American Dental Association bahkan merekomendasikan untuk mengunyah sugarless gum selama 20 menit setelah makan. Karena akan membantu mengurangi plak pada gigi, melindungi enamel gigi, dan mengurangi lubang. Hal itu karena dengan produksi air liur yang cukup akan mengurangi asam pada gigi yang dapat menyebabkan kerusakan. Namun, pastikan memilih permen karet yang bebas gula.

  • Mengurangi asam refluks dan rasa mulas

Untuk beberapa orang mengunyah permen karet setelah makan dapat mengurangi asam di dalam esophargus, yang bisa membantu mengurangi rasa mual atau mulas.

Dan sepertinya mimpi pemilik pabrik permen Willy Wonka benar-benar nyata, ya, B’timers? Kecuali permen karet rasa sup tomat, daging panggang dan pie bluberi yang belum ada. (NO)

Share This Article

Tagging: