Alasan di Balik Populernya Makanan Pedas | Breaktime
Mengungkap Alasan di Balik Populernya Makanan Pedas
20.03.2015

Di mana ada restoran dengan kuliner pedas, di situlah pengunjung akan membludak. Fenomena inilah yang akan mengantarkan B’timers pada satu pertanyaan sederhana, mengapa sih sebagian besar orang Indonesia begitu gemar untuk menyantap masakan pedas? 

Sebenarnya, tak hanya rakyat Indonesia saja yang gemar menyantap hot spicy food. Sejumlah negara tetangga Asia lainnya seperti Thailand, China, Korea, Vietnam, dan Malaysia juga memiliki kesamaan selera dalam konsumsi makanan bercita rasa pedas. 

Well, kegemaran orang Indonesia untuk mengonsumsi cabai dipercaya berlangsung sejak zaman dulu kala. Menurut sejarah, cabai telah menjadi komoditas penting di Indonesia sejak masa Jawa Kuno dan menjadi semakin familiar di lidah orang Indonesia seiring dengan  berjalannya waktu.

Nikmatnya menyantap masakan pedas dengan berbagai jenis sambal
Nikmatnya menyantap masakan pedas dengan berbagai jenis sambal

Nah, di dalam tubuh juga terjadi reaksi tertentu yang membuat Anda makin ketagihan dengan rasa pedas. Ya, rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai dan bumbu lainnya seperti merica memiliki kemampuan untuk menstimulasi hipotalamus guna melakukan sekresi endorphin. Pertama, hipotalamus akan bereaksi ketika tubuh merasakan sakit yang luar biasa. Dalam hal ini, rasa pedas pada makanan yang B’timers santap akan dikenali oleh jaringan syaraf tubuh sebagai rasa sakit. Nah, peristiwa inilah yang pada akhirnya akan memunculkan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan endorphin, sebuah senyawa yang mirip dengan morphin dan menimbulkan efek kecanduan.

Oleh karena itu, semakin pedas kuliner yang disajikan, semakin lahap pula Anda akan memakannya. Selain itu, makanan pedas juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan bioflavonoid yang baik untuk mendukung kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol. 

Bagaimana dengan Anda? Well, meski kuliner pedas memang terasa begitu nikmat dan kaya manfaat, tetap perhatikan kesehatan perut. Jangan sampai B’timers mengalami sakit perut lantaran berlebihan saat menyantap masakan pedas.

Share This Article