Menguak Manfaat Unik di Balik Setiap Warna Buah
Menguak Manfaat Unik di Balik Setiap Warna Buah
06.09.2015

Tuhan menciptakan banyak buah-buahan untuk dinikmati manusia dalam berbagai macam bentuk, rasa, dan warna yang berbeda. Namun, tahukah B’timers bahwa ternyata setiap buah memiliki kandungan gizi dan nutrisi berbeda tergantung dari warnanya?

U.S. Department of Agriculture menganjurkan bahwa setidaknya setiap orang perlu mengonsumsi 5 hingga 9 buah dan sayuran per harinya. Jenis buah yang dipilih pun sebaiknya memiliki warna yang berbeda agar kandungan nutrisinya saling melengkapi . Nah, berikut ini fakta unik di balik warna sejumlah buah:

Hijau

Menguak Manfaat Unik di Balik Setiap Warna Buah
Kiwi kaya akan klorofil dan baik bagi sistem pencernaan

Warna hijau pada buah merupakan representasi dari kadar klorofil di dalamnya. Semakin pekat warna hijau yang dimiliki suatu buah, maka semakin tinggi pula kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin C, B kompleks, zat besi, kalsium, asam folat, magnesium, fosfor, betakaroten dan serat. Buah berwarna hijau juga bagus untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Merah

Menguak Manfaat Unik di Balik Setiap Warna Buah
Buah delima kaya akan antikosidan yang bisa menekan risiko kanker

Warna merah pada buah merupakan bentukan antioksidan dan likopen. Antioksidan memiliki fungsi untuk mencegah infeksi, kanker kantong kemih, penekan risiko kanker, penyakit jantung serta memperkuat memori otak.

Sementara itu, kandungan likopen di dalamnya bertugas sebagai pelarut minyak yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Tidak hanya itu saja, buah-buahan berwarna merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah.

Biru dan ungu

Menguak Manfaat Unik di Balik Setiap Warna Buah
Buah anggur kaya akan antosianin yang bisa mengurangi penggumpalan darah

Warna biru dan ungu pada buah dibentuk oleh antosianin yang berfungsi sebagai penghambat penggumpalan pembuluh darah. Dengan begitu, mengonsumsinya secara rutin akan menjauhkan Anda dari penyakit jantung, stroke, hingga menurunkan risiko terkena kanker.

Putih

Menguak Manfaat Unik di Balik Setiap Warna Buah
Buah sirsak kaya akan vitamin C yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh

Buah-buahan yang memiliki warna putih memiliki kandungan serat dan vitamin C tinggi dan mempunyai fungsi untuk menjaga sistem pencernaan serta meningkatkan ketahanan tubuh.

Kuning

Buah-buahan yang berwarna kuning memiliki kandungan kalium cukup tinggi dan mempunyai kegunaan untuk mencegah tumbuhnya sel kanker, menekan risiko jantung koroner serta stroke. Selain itu, buah-buahan berwarna kuning dapat digunakan para orang tua untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Baca juga: 4 KREASI MAKANAN SEHAT DARI BUAH NAGA

Oranye

Menguak Manfaat Unik di Balik Setiap Warna Buah
Buah wortel mengandung beta karoten tinggi yang baik untuk mata

Warna oranye pada buah menandakan kandungan beta karoten yang tinggi. Manfaat dari buah-buahan berwarna oranye adalah dapat mencegah gangguan kulit serta menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu saja, semakin banyak B’timers mengonsumsi buah berwarna oranye, ketajaman otak juga akan meningkat.

Hitam

Memang jarang ada buah berwarna hitam, namun bukan berarti tidak ada, ya. Buah-buahan berwarna hitam juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi dan bagus untuk menjaga sistem imunitas serta mencegah diabetes dan jantung.

Dengan semakin bervariasi warna buah yang dikonsumsi oleh B’timers, maka akan semakin lengkap pula gizi yang akan didapatkan tubuh. So, selamat mencoba!

Share This Article