Menggunakan Minyak Goreng Berkali-kali, Amankah? | Breaktime
Menggunakan Minyak Goreng Berkali-kali, Amankah?
20.12.2015

Menggoreng, atau mengolah makanan menggunakan minyak atau lemak, seperti mentega atau butter, merupakan cara yang paling sering kita gunakan. Karena dengan menggoreng, hasil masakan akan terasa lebih nikmat. Hal tersebut yang menjadikan kebutuhan akan minyak goreng tidak bisa dipisahkan dari kegiatan mengolah makanan.

Apa yang biasanya Anda lakukan jika setelah memasak, masih ada sisa minyak goreng di wajan? Langsung membuangnya sambil mencuci peralatan dapur? Namun, kebanyakan pasti akan menyimpan sisa minyak goreng itu untuk digunakan kembali. Hal tersebut kita lakukan terutama karena lebih hemat jika menggunakan sisa minyak.

Tapi sebenarnya, apakah menggunakan minyak bekas seperti itu masih aman bagi kesehatan?

Sebenarnya jika untuk keamanan dan kesehatan, penggunaan minyak bekas sangat tidak dianjurkan. Seandainya terpaksa menggunakan minyak sisa, disarankan untuk membekukannya di lemari pendingin, untuk menghilangkan resiko tumbuhnya bakteri di dalam minyak yang akan menyebabkan keracunan. Karena jika minyak yang telah digunakan sebelumnya di simpan dalam suhu ruangan biasa, bakteri akan memakan sisa makanan yang terdapat di minyak tersebut.

Menggunakan Minyak Goreng Berkali-kali, Amankah? | Breaktime
Gunakan minyak sesuai dengan kebutuhan untuk menghindari penggunaan berulang

Batas pemakaian maksimal 4 kali

Ada yang mengatakan bahwa menggunakan minyak bekas diperbolehkan selama warna dan aroma tidak berubah. Namun tetap ada batas maksimalnya, B’timers. sebaiknya tidak memakai minyak bekas lebih dari 4 kali. Karena setelah melalui proses pemanasan dalam temperatur tinggi yang berulang, maka akan timbul reaksi kimia pada minyak. Dan hal tersebut yang menyebabkan timbulnya bau tengik, juga warna minyak akan berubah menjadi lebih gelap.

Namun tetap ada cara yang dapat Anda lakukan jika ingin menggunakan minyak bekas, B’timers. Setelah memasak, pastikan Anda mendinginkan minyak terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Lalu saring minyak untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal dalam minyak.

Tips cerdas menggunakan minyak goreng

  1. Simpan minyak goreng dalam wadah tertutup, dan hindari dari paparan cinar matahari langsung
  2. Gunakan minyak secukupnya setiap kali memasak, untuk menghindari penggunaan berulang
  3. Panaskan wajan dahulu sebelum menggoreng
  4. Sebaiknya gunakan temperature sedang selama memasak
  5. Dan tunggu hingga minyak cukup panas baru mulai menggoreng

Nah, sudah tahu, kan, bagaimana sebaiknya menggunakan minyak goreng agar tidak membahayakan kesehatan? Dan pastikan Anda tidak memakai minyak goreng untuk memasak, jika sudah ada perubahan warna serta bau dari minyak.

Share This Article