Menggoreng dengan Minyak Zaitun Tidak Sehat ? | Breaktime
Menggoreng dengan Minyak Zaitun = Tidak Sehat? Kata Siapa?
05.12.2015

Suka memasak di dapur dan bereskperimen bikin menu gorengan? Nah, Anda pasti tak jauh-jauh dari namanya stok persediaan minyak goreng yang cukup melimpah, ya. Mulai dari minyak sayur, canola, hingga zaitun semuanya pasti tersedia di dapur. Namun, dari ketiga minyak tersebut manakah yang paling jarang B’timers gunakan?

Kebanyakan orang mungkin akan menjawab minyak zaitun. Sebab, rumor yang beredar mengatakan bahwa minyak zaitun memiliki titik didih rendah, artinya minyak ini tak tahan panas. Bila digunakan melebihi titik didihnya, bisa-bisa makanan Anda rasanya jadi tak lezat, bahkan beracun. Ah, masa sih?

Sayangnya, sampai detik ini belum ada bukti medis yang mendukung rumor yang berkembang pesat tersebut. Justru karena minyak zaitun memiliki titik didih yang rendah, ia jadi tak mudah panas saat digunakan menggoreng berbagai makanan.

Menggoreng dengan Minyak Zaitun Tidak Sehat ? | Breaktime
Menggoreng dengan minyak zaitun tetap lezat dan sehat kok!

Minyak yang memiliki titik didih 165 hingga 190 derajat Celcius ini justru diteliti lebih sehat dibandingkan jenis minyak goreng lainnya. Pihak American Chemical Society menemukan bahwa minyak zaitun lebih stabil saat digunakan menggoreng makanan pada suhu 160 hingga 190 derajat Celcius dibandingkan jenis minyak lainnya.

Bahkan, Fullana dan sejumlah rekannya dari University of Dayton, Ohio menemukan bahwa minyak zaitun memproduksi asap lebih rendah bila dibandingkan dengan minyak lain yang mana hal ini pasti juga berpengaruh pada rasa makanan.

Sementara itu, M.D, Guillen dari University of the Basque Country, Spanyol membuktikan bahwa minyak zaitun memang lebih aman dibandingkan minyak biji bunga matahari ketika dipanaskan dalam waktu yang lama secara bersamaan.

Masihkah B’timers ragu dengan kemananan menggunakan minyak zaitun? Bahkan soal gizi, Casal S, Malheiro R dan sejumlah rekannya dari Universidade do Porto, Portugal juga membuktikan minyak zaitun mampu mempertahankan kandungan nutrisi di dalamnya. Ini berarti bahwa kandungan vitamin E dan nutrisi penting lain tidak sepenuhnya hilang.

Nah, bagaimana? Apakah B’timers tertarik untuk lebih sering menggunakan minyak zaitun saat bereksperimen dengan berbagai menu masakan di rumah? Coba sekarang, yuk! (vsc)

Share This Article