Mengenali Paprika Berdasarkan Warnanya, yuk! | Breaktime
Mengenali Paprika Berdasarkan Warnanya, yuk!
15.05.2016

Kebanyakan orang berpikir warna adalah pembeda yang dimiliki paprika merah, oranye, kuning dan hijau. Padahal faktor yang bertanggung jawab pada perbedaan tersebut adalah waktu panen dan tingkat kematangannya. Biasanya paprika hijau akan berubah menjadi kuning atau oranye dan kemudian tumbuh menjadi warna merah, namun hal ini tetap tidak dapat dipastikan, B’timers. Yuk, mengenal paprika berdasarkan warnanya!

Paprika hijau

Mengenali Paprika Berdasarkan Warnanya, yuk! | Breaktime
Paprika panggang isi daging giling

Dipanen sebelum paprika matang sepenuhnya, membuat paprika hijau sering diklasifikasikan sebagai “unripened” atau tidak matang, B’timers.  Dan karena masih terlalu prematur ketika dipanen, paprika hijau tidak memiliki rasa manis seperti paprika warna lain, B’timers. Meskipun rasa paprika hijau sedikit lebih pahit, namun jangan sepelekan zat yang tersembunyi di dalamnya.

Selain mengandung kalium, yang penting dalam meningkatkan kontraksi otot serta mengatur tekanan darah, paprika hijau juga kaya vitamin C, sehingga mampu membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, meningkatkan kekebalan juga mencegah tumbuhnya kanker. Vitamin A yang dari paprika hijau mampu meningkatkan fungsi paru-paru dan pengelihatan Anda, lho.

Paprika merah

Mengenali Paprika Berdasarkan Warnanya, yuk! | Breaktime
Paprika merah paling manis dinikmati mentah, B’timers

Jika sudah benar-benar mengenal paprika berdasarkan warnanya, Anda akan mengetahui bahwa, paprika merah adalah yang paling matang diantara yang lain, B’timers. Rasa paprika merah mirip dengan buah yang manis, karena memang dipanen saat tingkat kematangannya sempurna. Inilah yang membuat harga paprika merah lebih malah dari paprika hijau.

Dikatakan bahwa nutrisi yang terkandung dalam paprika merah sama dengan paprika hijau, hanya sedikit lebih tinggi. Selain itu, paprika merah memiliki nutrisi lycopene, yang merupakan pigmen antioksidan yang merupakan zat antioksidan untuk mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan prostat. Zeaxanthin dan lutein juga terdapat dalam paprika merah.

Paprika kuning atau oranye

Mengenali Paprika Berdasarkan Warnanya, yuk! | Breaktime
Wah, siapa tak suka paprika sebagai topping pizza?

Tingkat kematangan paprika kuning atau yang oranye berada di tengah paprika hijau dan merah. Paprika kuning memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, karena dipetik lebih lama dari paprika hijau, B’timers. Meskipun dikatakan mengandung jenis nutrisi yang sama seperti yang terdapat pada paprika merah dan hijau, jumlahnya berbeda, B’timers.

Jumlah nutrisi paprika kuning atau oranye lebih banyak dari yang terkandung dalam paprika hijau, dan lebih sedikit dibanding paprika merah. Paprika kuning memiliki kandungan vitamin C hampir sebanyak 2 kali lipat daripada yang ada pada paprika hijau. Namun jumlah beta-karoten dan vitamin A hanya sepertiga seperti yang ada di paprika hijau, B’timers.

Well, seperti kebanyakan sayuran lainnya, gizi yang akan Anda dapatkan dari paprika akan lebih banyak jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Dan dengan mengenal paprika berdasarkan warnanya, semua jenis paprika cocok untuk dinikmati segar, kok. Menurut Anda mana yang lebih enak dari ketiga warna paprika, B’timers? (NO)

Share This Article