Mengenal Lebih Dekat Sejarah Siomay di Indonesia | Breaktime
Mengenal Lebih Dekat Sejarah Siomay di Indonesia
20.04.2016

Anda suka Siomay, B’timers? Siomay adalah hidangan nikmat dari daging ikan tenggiri, udang atau daging ayam dicampur dengan tapioka dan dibungkus dengan kulit pangsit. Siomay juga disajikan dengan sayuran pelengkap seperti kubis, kentang dan pare serta telur yang direbus. Lebih nikmat lagi karena disiram dengan saus kacang yang creamy. Masyarakat luas mungkin lebih mengenal makanan dengan sebutan Siomay Bandung yang identiknya dijual oleh mamang-mamang Sunda yang ramah.

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Siomay di Indonesia | Breaktime
Lezatnya sepiring siomay

Manakah ‘kampung halaman’ siomay?

Namun, tahukah Anda dari mana asal sebenarnya si lezat siomay ini? B’Timers, perlu Anda catat bahwa sebenarnya Siomay bukanlah makanan asli Nusantara. Siomay berasal dari Mongolia Dalam yang mana lebih dikenal dengan bangsa Tionghoa. Siomay adalah salah satu jenis dim sum yang merupakan salah satu varian Chinese Food.

Dalam bahasa Mandarin, hidangan lezat ini disebut dengan shaomai, sedangkan dalam bahasa Kanton yang sering digunakan oleh penduduk Taiwan disebut dengan siu maai. Siomay asli sendiri sebenarnya merupakan daging babi cincang yang dibungkus kulit tipis dari tepung terigu. Siomay dari Mongolia Dalam ini juga bisa menggunakan daging udang, kepiting atau daging sapi sebagai isian.

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Siomay di Indonesia | Breaktime
Shaoimai atau siomay khas Mongolia dalam

Uniknya, orang Mongolia Dalam menikmati siomay dengan cuka atau kecap asin sebagai dressing. Siomay sendiri dimatangkan dengan cara dikukus. Bentuk siomay asli adalah bulat pipih, dengan diberi garnish berupa telur kepiting dan parutan wortel serta kacang polong. Lantas, bagaimana siomay bisa masuk ke Indonesia?

Peran masyarakat Bandung meng-Indonesia-kan Siomay

Seperti halnya Chinese Food lainnya, siomay mulai dikenal di Indonesia karena percampuran budaya yang dibawa oleh etnis Tionghoa di Indonesia. Namun demikian, karena di Indonesia mayoritas muslim, isian siomay yang aslinya adalah daging babi disesuaikan dengan makanan halal seperti daging ikan tenggiri, udang, kepiting atau ayam yang dicampur tepung tapioka. Kulit siomay di Indonesia pun tak lagi dibungkus dengan terigu tipis melainkan dengan kulit pangsit.

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Siomay di Indonesia | Breaktime
Pelangkan siomay Bandung

Nah, ternyata bentuk siomay di Indonesia juga berubah seperti bunga yang Indah. Seperti yang telah dijelaskan di atas, siomay dinikmati dengan saus kacang, sambal dan kecap serta dimakan bersama kentang, kubis, pare, tahu dan telur rebus. Inovasi siomay seperti itu kebanyakan dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat khususnya Bandung. Itulah kenapa banyak orang menyebutnya dengan Siomay Bandung.

Nah, kalau Anda memiliki resep unik, asli dan khas yang menjadi menu andalan di rumah atau keluarga Anda, tidak ada salahnya B’timers menguji keahlian dengan mengikuti #BTindChallenge. Lewat Breaktime Challenge, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda layak menjadi #SmartKoki. B’timers dapat mengunjungi Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/) untuk info lebih lanjut. Tunggu apa lagi? Join dan menangkan hadiahnya! (nap)

Share This Article