Membongkar Manfaat Kulit Udang yang Menakjubkan! | Breaktime
Membongkar Manfaat Kulit Udang yang Menakjubkan!
16.11.2016

Lezatnya udang sudah bukan jadi rahasia umum lagi. Salah satu jenis seafood ini memiliki banyak sekali manfaat. Udang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak. Tak heran jika olahan udang semakin beragam. Sebelum mengolah udang, beberapa di antara B’timers pasti membersihkan kulitnya. Tahukah Anda bahwa ternyata manfaat kulit udang sangat luar biasa, lho!

Jadi, hampir semua bagian tubuh hewan laut ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seluruh tubuh Anda. Mungkin memang ketika dimakan, kulit udang terasa seperti plastik. Namun, mulai sekarang usahakan untuk tidak membuang kulit udang.

Baca juga : WAH, KENALI MANFAAT TERSEMBUNYI DAUN SINGKONG

Mengapa kulit udang sangat bermanfaat, khususnya untuk penderita nyeri sendi? Ternyata di dalam kulit udang terkandung senyawa yang dikenal sebagai chondroitin yang mampu membantu menjaga kesehatan sendi. Senyawa tersebut yang meningkatkan produksi proteoglikan dan kolagen yang merupakan komponen penting pada sendi, membantu lubrikasi pada sendi, dan sebagai shock absorber.

Lalu, apa saja sih manfaat lain dari kulit udang selain untuk sendi? Nah, berikut ini Breaktime akan sebutkan beberapa manfaat kulit udang bagi kesehatan. Simak, yuk!

  • Kulit udang juga mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, khususnya yang ada pada lambung manusia.
  • Kulit udang juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.
  • Anda yang mengidap kolesterol, sebaiknya perbanyak konsumsi kulit udang, karena ini mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah.
Membongkar Manfaat Kulit Udang yang Menakjubkan! | Breaktime
Ini yang biasa dilakukan, membuang kulit udang
  • Mengurangi beban kerja liver.
  • Tak hanya mengurangi beban kerja liver, kulit udang juga mampu mengurangi tekanan kerja organ tubuh lain akibat lemak yang berlebih.
  • Kulit udang juga bisa dijadikan obat untuk mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan tulang.
  • Salah satu penyakit yang sering menyerang manusia saat daya tahan tubuhnya lemah adalah typhus. Dengan rajin mengonsumsi kulit udang, Anda bisa terhindar dari virus yang menyebabkan typhus ini.
  • Kulit udang bekerja sebagai penghambat pertumbuhan mikroba patogen yang menyebabkan penyakit typhus.
Membongkar Manfaat Kulit Udang yang Menakjubkan! | Breaktime
Jangan buang kulit udang saat akan memakan

Tidak hanya menyimpan manfaat untuk kesehatan, lho B’timers. Kulit udang juga masih punya manfaat umum lainnya. Berikut ini manfaat lanjutan kulit udang secara umum.

  • Kulit udang bisa menjadi kaldu untuk memperkuat rasa makanan dan membuatnya semakin sedap. Biasanya di restoran-restoran kaldu kulit udang digunakan untuk membuat sup, saus, atau bumbu.
  • Kulit udang ternyata juga bisa jadi bahan pengganti formalin. Pengawet kulit udang ini berupa kitosan yang dibuat melalui proses pencucian, dimineralisasi, deproteinasi, dan deasetilasi kitin.
  • Pupuk berbahan dasar kulit udang ditemukan oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Manfaat pupuk kulit udang adalah meningkatkan daya tahan tumbuh tanaman, mencegah penyakit tanaman, dan meningkatkan imunitas tanaman.
  • Kulit udang juga bisa digunakan sebagai bahan penyerap logam berat dalam air limbah dan mampu menjernihkan air. Namun, jangan dibayangkan jika Anda memasukkan kulit udang ke dalam air. Kulit udang ini akan diolah terlebih dulu menjadi kitosan.

Baca juga : BANYAKNYA MANFAAT DAUN GINSENG UNTUK KESEHATAN

  • Satu lagi manfaat kulit udang adalah sebagai tambahan pakan unggas. Anda juga tidak perlu langsung memberikan kulit udang secara utuh pada unggas, tetapi olah kulit udang menjadi tepung.

Siapa sangka jika kulit udang yang sering kita buang ternyata menyimpan banyak manfaat yang luar biasa mengejutkan. Setelah mengetahui manfaat kulit udang yang luar biasa ini, Anda pasti langsung berpikir untuk tidak membuangnya lagi, kan ketika di masak. Memang sebaiknya mulai saat ini jangan buang kulit udang saat akan memakannya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE