Manjakan Lidah di Pulau Seribu Sungai Kalimantan | Breaktime
Memanjakan Lidah di Pulau Seribu Sungai, Kalimantan
13.10.2015

Kalimantan merupakan salah satu bagian di Indonesia yang memiliki kuliner lezat tak kalah dengan daerah lainnya. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan, banyak sekali panganan lezat yang bisa dicicipi kelezatannya. Nah, berikut ini daftar makanan khas Kalimantan yang layak Anda coba:

Pengkang

Memanjakan Lidah di Pulau Seribu Sungai, Kalimantan | Breaktime
Lezatnya pengkang yang merupakan perpaduan dari ketan, ebi, dan kelapa sangrai

Pengkang merupakan salah satu makanan khas Kalimantan, terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibentuk segitiga. Setelah dibungkus, kemudian dibakar sampai matang. Ebi dan juga kelapa yang telah disangrai akan menciptakan rasa gurih dan manis ketika digigit, ditambah lagi aroma harum daun pisang yang dibakar akan membuat nafsu makan jadi meningkat.

Es lidah buaya

Memanjakan Lidah di Pulau Seribu Sungai, Kalimantan | Breaktime
Segarnya es lidah buaya cocok diminum saat udara panas

Jika selama ini lidah buaya digunakan untuk bahan kecantikan saja, ternyata di Kalimantan bahan satu ini bisa dijadikan minuman yang sangat menyegarkan, lho. Rasanya sangat  kenyal dan lezat mirip seperti rumput laut. Sangat cocok diminum  tengah kondisi udara Kalimantan yang cukup panas.

Soto Banjar

Memanjakan Lidah di Pulau Seribu Sungai, Kalimantan | Breaktime
Terkenalnya soto banjar sampai seluruh penjuru negeri

Anda pasti sudah sangat familiar dengan soto Banjar khas Kalimantan ini, ya. Perpaduan antara daging ayam dan berbagai rempah khas Nusantara seperti halnya cengkeh, biji pala, serta kayu manis akan membuat Anda ketagihan. Kuahnya bisa dibilang agak bening karena tidak memakai kunyit.

Amplang

Memanjakan Lidah di Pulau Seribu Sungai, Kalimantan | Breaktime
Renyang dan gurihnya amplang membuat banyak orang ketagihan

Berbahan dasar ikan laut, amplang memiliki rasa yang gurih, lezat dengan nutrisi yang sangat kaya. Perpaduan ikan, tepung terigu, telur, dan berbagai bumbu di dalamnya memberikan rasa yang sangat khas. Cocok disantap untuk camilan ketika nonton televisi atau bisa juga digunakan untuk lauk nasi. Jika pergi ke Kalimantan, jangan lupa menjadikan amplang sebagai oleh-oleh, ya.

Jangan lewatkan kesempatan mencicipi keempat makanan di atas ketika berkunjung ke daerah Kalimantan ya, B’timers.

Share This Article