Melegenda! Makanan Khas Jakarta ini Wajib Dicoba | Breaktime
Melegenda! Makanan Khas Jakarta ini Wajib Dicoba
29.03.2017

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta menyimpan banyak sejarah. Hal ini bisa Anda saksikan dari banyak tempat wisata yang menawarkan beragam cerita dari masa lalu. Dan tidak itu saja, B’timers. Terdapat macam-macam kuliner khas Jakarta yang menggoda serta tentunya wajib untuk Anda cicipi. Rasa nan begitu nikmat dari makanan khas Jakarta memang terbukti akan membawa banyak kenangan di masa lalu, B’timers.

Di bawah ini adalah aneka makanan khas Jakarta yang wajib Anda coba jika ingin melayang menuju ke gelora memabukkan di kehidupan masa lalu, B’timers!

Baca juga: 5 NAMA HIDANGAN ANEH DAN BIKIN NGAKAK DI JAKARTA

Nasi Ulam adalah jenis kuliner khas Betawi yang tidak boleh Anda lewatkan, nih. Perpaduan dari budaya Cina dapat Anda rasakan dari sajian tradisional satu ini, B’timers. Terbuat dari nasi pera yang selanjutnya Semur Kentang, Semur Tahu atau Semur Telur akan disiramkan ke atas nasi. Sebagai pelengkapnya, ada Cumi Asin Goreng, Bihun Goreng, Telur Dadar dan Perkedel Kentang. Namun Nasi Ulam baru akan terasa semakin nikmat jika disajikan dengan daun kemangi, sambal, bawang goreng dan taburan kacang tanah.

 

Melegenda! Makanan Khas Jakarta ini Wajib Dicoba | Breaktime
Nasi Uduk yang mirip Nasi Ulam. Photo by Google

Selain Nasi Ulam, Nasi Uduk adalah makanan tradisional Betawi yang hingga sekarang masih bisa dengan mudah Anda temukan, B’timers. Tak kalah dengan Nasi Ulam, Nasi uduk juga menawarkan kelezatannya yang unik. Kenikmatan Nasi Uduk berasal dari cara mereka memasak beras yang diberi bumbu seperti, garam, santan, daun serai, daun salam dan daun jeruk. Rasa gurihnya merasuk begitu sempurna. Apalagi dinikmati dengan Telur Dadar, Semur Jengkol, Ayam Goreng,, Kentang Balado dan Sambal Kacang.

Baca juga: INILAH LOKASI KULINER DI JAKARTA PALING POPULER

Kerak Telor adalah makanan khas Jakarta berikutnya yang tak pernah lekang oleh waktu serta kemajuan zaman, B’timers. Sajian tradisional yang satu ini sering disajikan setiap ada perayaan tradisional di Kota Jakarta, misalnya Pekan Raya Jakarta atau pernikahan a la Betawi. Penampilannya hampir mirip dengan Martabak, bedanya adalah isian dari Kerak Telor yang membuatnya semakin spesial,. Ketan dan ubi yang dijadikan isian, dipanaskan dengan menggunakan tungku arang yang membuat aromanya makin kental.

Melegenda! Makanan Khas Jakarta ini Wajib Dicoba | Breaktime
Ketoprak, camilan atau makanan inti? Photo by Google

Makanan tradisional dari Ibukota Jakarta berikutnya yang wajib untuk Anda cicipi adalah Ketoprak, nih, B’timers. Dengan menggunakan bahan dasar lontong, Ketoprak dimasukkan sebagai makanan utama, namun bisa dinikmati sebagai camilan, lho. Nah, untuk isian dari Ketoprak ini adalah bihun, taoge, tahu yang dipotong-potong. Kuah yang terbuat dari sambal kacang disiramkan untuk menyempurnakan menu lezat satu ini. Untuk pelengkap, tak lupa ditaburi dengan bawang goreng dan kerupuk yang dihancurkan.

Baca juga: WAH, ADA 5 RESTORAN PALING ROMANTIS DI JAKARTA!

Untuk Anda yang berencana datang ke Jakarta dalam rangka liburan, tak ada alasan yang diperbolehkan untuk melewatkan menu khas Jakarta selanjutnya, B’timers. Ya, sajian khas Betawi lain yang wajib Anda nikmati yaitu Soto Betawi. Berbeda dengan Soto yang berasal dari daerah lain di Indonesia, Soto Betawi menawarkan keunikannya. Terdiri dari Soto ebrkuah santan, dengan isian potongan daging sapi, tomat dan kentang, membuat Soto Betawi memiliki rasa yang gurih. Makin mantap dengan taburan emping.

Melegenda! Makanan Khas Jakarta ini Wajib Dicoba | Breaktime
Kuah santannya menggoda selera. Photo by Google

Tak boleh ketinggalan adalah Laksa Betawi, yang merupakan makanan khas Jakarta berikutnya, B’timers. Well, meskipun sebenarnya Laksa merupakan sajian dari Cibinong, tetapi Laksa Betawi merupakan menu khas yang tak boleh Anda lewatkan, lho. Satu mangkuk makanan berkuah ini terbuat dengan isian bihun, telur,perkedel, daun kemangi dan daun kucai. Rasanya manis dengan perpaduan sempurna rasa gurih yang unik. Masakan satu ini merupakan makanan khas Betawi yang melegenda. So, jangan lewatkan!

Ada banyak makanan khas Jakarta lainnya yang menawarkan kenikmatan dengan ceritanya sendiri, lho, B’timers. Luangkan waktu Anda untuk menjelajahi setiap sudut Kota Jakarta demi menemukan makanan lezat yang melegenda, ya! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE