Melegenda Ini Beda Sate Ayam Ponorogo dan Madura | Breaktime
Melegenda, Ini Beda Sate Ayam Ponorogo dan Madura
18.04.2016

Kekayaan dan kelezatan kuliner Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu makanan yang sukses membuat setiap turis mancanegara ‘angkat topi’ adalah sate. Anda tentu tahu bukan, bahwa Nusantara memiliki berbagai macam olahan sate yang melegenda? Nah, beberapa sate yang rasanya luar biasa tersebut adalah sate ayam Madura dan sate ayam Ponorogo. 

Melegenda Ini Beda Sate Ayam Ponorogo dan Madura | Breaktime
Pak SBY pernah makan sate ayam H. Turki Sobikun di Jl. Lawu, Ponorogo

Meski sama-sama dari Jawa Timur, sate ini memiliki perbedaan yang cukup unik, B’timers. Tampilan yang sama tidak bisa menipu rasa. Lantas apa sih, beda dan keunikan antara sate Ponorogo dan sate Madura?

Nah, perbedaan pertama yang mungkin masih bisa dilihat adalah cara memotong daging sebelum ditusuk. Jika sate Madura memotong daging ayamnya dengan sedikit dadu, maka berbeda dengan sate ayam khas Ponorogo. Sate ayam Ponorogo cenderung memotong daging sate panjang dan pipih, sehingga lebih lembut dan mudah untuk dikunyah.

Melegenda Ini Beda Sate Ayam Ponorogo dan Madura | Breaktime
Sate Madura dagingnya dadu, sedangkan sate Ponorogo pipih dan panjang

Selanjutnya, perbedaan terletak pada bumbu kacang. Memang, secara sepintas terlihat sama, namun cita rasanya dijamin berbeda. Hal itu dikarenakan pada sate Ponorogo menggunakan bumbu rempah-rempah lain yang tidak terdapat pada bumbu sate Madura. Apalagi sate Ponorogo diperkuat dengan proses perendaman daging dengan bumbu yang memakan waktu cukup lama sebelum ditusuk.

Oh ya, B’timers. Cara membakar sate Ponorogo dan sate Madura juga berbeda, lho! Jika sate Madura menggunakan alat pembakar sate dari aluminium yang panjang dengan besi penyangga seperti sate pada umumnya, sate Ponorogo malah masih tradisional sekali dengan menggunakan tungku tanah liat. Tungku tersebut memiliki lubang di salah satu sisinya untuk mengisi dan mengipas bara api.

Melegenda Ini Beda Sate Ayam Ponorogo dan Madura | Breaktime
Sepertinya hanya Ponorogo yang menjual satenya dalam besek bambu

Ada keunikan lain dari sate Madura dan Ponorogo yang mungkin belum B’timers ketahui. Sate Ponorogoo khususnya buatan H. Turki Sobikun menjual satenya dengan dimasukkan ke dalam wadah anyaman bambu yang biasa disebut dengan besek. Uniknya, di Madura sendiri sangat sulit untuk mendapatkan orang berjualan sate Madura, lho! Sate Madura justru bisa dijumpai di kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Jakarta, Bandung dan lainnya.

Nah, kalau Anda memiliki resep unik, asli dan khas yang menjadi menu andalan di rumah atau keluarga Anda, tidak ada salahnya B’timers menguji keahlian dengan mengikuti #BTindChallenge. Lewat Breaktime Challenge, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda layak menjadi #SmartKoki. B’timers dapat mengunjungi Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/) untuk info lebih lanjut. Tunggu apa lagi? Join dan menangkan hadiahnya! (nap)

Share This Article