Melacak Perbedaan Jenis-Jenis Kopi Hitam| Breaktime
Melacak Perbedaan Jenis-Jenis Kopi Hitam
05.12.2017

Pasti banyak di antara B’timers yang suka sekali menyeduh secangkir kopi. Minuman berkafein tinggi ini memang ampuh untuk meningkatkan energi. Anda pasti juga tahu beberapa manfaat dan kerugiannya. Kopi sendiri ternyata tak hanya ada satu. Kopi memiliki beragam jenis yang tentunya punya rasa, aroma, serta teknik pengolahan yang berbeda. Jika berbicara tentang jenis-jenis kopi, beberapa yang terkenal adalah Arabica dan Robusta. Tetapi apakah Anda tahu perbedaan dari kedua jenis kopi ini?

Jangan ngaku pecinta kopi jika Anda sama sekali tidak tahu perbedaannya. Lagipula, jenis kopi tidak hanya ada dua. Beberapa di antaranya seperti ekselsa, racemosa, liberica, dan kopi luwak akan dibocorkan oleh Breaktime. Meski ada banyak sekali jenis kopi yang bisa dinikmati. Banyak orang yang menganggap bahwa Arabica adalah jenis yang paling enak dari semua jenis kopi. Olahan kopi hitam yang paling banyak diminati adalah jenis Arabica.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Testis & Bola Mata, Lezatnya Kuliner Aneh Dunia

Kopi Arabica sendiri berasal dari Brasil dan Etiopia yang menguasai 70% pasar kopi dunia. Arabica sendiri masih punya beberapa variasi, tergantung negara, iklim, dan tanah yang digunakan untuk bertanam. Beberapa jenis kopi Arabica adalah toraja, mandailing, kolumbia, brasilia, dan masih banyak lainnya. Cita rasanya pun berbeda-beda.

Ciri-ciri umum kopi Arabica antara lain aromanya wanginya yang mirip dengan percampuran buah dan bunga. Ini karena kopi Arabica tumbuh di daerah yang sejuk dan cenderung dingin. Rasanya asam, lebih kental, rasanya mild, pahit, dan harganya hanya sekitar RP 32 ribu/kg. Sebelum disangrai, aromanya sangat mirip dengan blueberry. Setelah disangrai, aromanya jadi lebih manis.

Peringkat kedua jatuh pada Robusta. Jenis kopi ini menguasai 30% pasar dunia. Robusta tersebar di luar Kolumbia. Di Indonesia dan Filipina akan banyak ditemui jenis kopi ini. Kalau Robusta memiliki cita rasa yang mirip dengan cokelat, aromanya pun khas dan manis, warnanya bervariasi sesuai dengan cara pengolahan kopinya. Robusta punya tekstur yang lebih kasar dan harganya hanya Rp 18 ribu/kg.

Melacak Perbedaan Jenis-Jenis Kopi Hitam| Breaktime
Beragam jenis kopi dan olahannya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Aneh di Dunia Ini Bikin Geleng Kepala

Sebelum disangrai, Robusta punya aroma kacang-kacangan. Sayangnya saat ini semakin sulit menemukan Robusta dengan kualitas tinggi. Pohon Robusta lebih rentan diserang serangga. Ini bahkan tumbuh pada daratan rendah yaitu sekitar 700 mdpl. Jumlah biji kopi yang dihasilkan juga lebih tinggi. Untuk proses berbunga, diperlukan waktu hingga 10 bulan yang nantinya menjadi buah. Jenis kopi ini berbuah pada suhu udara yang lebih hangat.

Untuk kopi-kopi Afrika seperti Ekselsa, Racemosa, dan Liberica berada di antara Arabica dan Robusta. Lagipula, jenis-jenis kopi Afrika ini sekarang masih dalam proses pengembangan.

Nah, kalau kopi luwak ini ternyata juga turunan dari Arabica ataupun Robusta. Namun bedanya adalah biji kopi tersebut dimakan oleh luwak. Setelah ditelan, buah kopi akan diproses dengan enzim yang ada dalam perut. Bijinya terbuang bersama kotoran luwak. Nah, itulah yang dinamakan dengan kopi luwak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Dapur Tetap Bersih Seperti Dapur Restoran

Kopi luwak dihargai sekitar Rp 350.000, bahkan lebih, tergantung jenis kopi yang dimakan luwak. Kopi luwak menjadi lebih istimewa karena luwak mencari buah kopi yang 90 persen matang. Ia tidak melihat warna, tetapi menggunakan daya penciuman yang tajam dan selalu mencari kopi pada malam hari. Dalam satu pohon kopi, hanya 1-2 butir buah yang dimakan. Dengan begitu, kopi yang diambil oleh luwak adalah kopi dengan nilai kematangan tertinggi, yang tentunya amat berpengaruh pada rasa kopi nantinya.

Berbagai jenis biji kopi tersebut diolah menjadi beragam jenis, ada yang berupa olahan kopi hitam atau kopi susu. Yang jelas, dengan informasi tersebut B’timers layak menjadi coffee lovers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE