Matang Belum? Ini Trik Ketahui Kematangan Buah! | Breaktime
Matang Belum? Ini Trik Ketahui Kematangan Buah!
11.10.2016

Sering kecewa saat membeli buah, karena memilih buah yang buruk atau belum matang, B’timers? Well, ketika membeli buah yang belum matang memang bikin jengkel. Karena itu penting membeli buah yang sudah benar-benar matang. Namun memilih buah yang sudah matang memang bukan hal yang mudah. Nah, dengan tips berikut, Anda tidak akan dikecewakan lagi, deh, B’timers!

  • Ambil batang pada alpukat dan periksa warna di bawahnya untuk mengetahui apakah buah tersebut sudah matang atau belum. Jika warnanya coklat, artinya alpukat terlalu matang, hijau tandanya alpukat belum matang. Dan jika berwarna emas, alpukat matang sempurna.
  • Carilah bagian yang paling terang dari buah semangka. Jika warnanya putih, itu artinya buah semangka tersebut masih belum matang. Jika warnanya kuning, artinya semangka tersebut sudah matang sempurna, B’timers.
Matang Belum? Ini Trik Ketahui Kematangan Buah! | Breaktime
Pastikan Anda mengupas dengan bersih, ya, B’timers?
  • Daun dan aroma adalah cara paling mudah untuk mengetahui apakah nanas sudah matang atau belum. Daun pada tangkai harusnya mudah ditarik keluar. Selain itu, tangkainya harus berbau manis dan segar. itu artinya nanas sudah matang.
  • Siapa yang tidak suka jeruk yang berair dan rasanya manis, B’timers? Nah, lain kali jika Anda membeli jeruk, pilihlah jeruk yang berat. Ini tandanya jeruk tersebut mengandung lebih banyak air. Selain itu, jeruk yang bagus adalah yang terasa lembut ketika ditekan.
  • Kelapa yang matang, harus terdengar seperti dipenuhi dengan cairan. So, jika Anda akan beli kelapa di supermarket, setidaknya pastikan ada banyak air di dalamnya. Karena terlalu lama tersimpan di supermarket, biasanya kandungan airnya sudah mengering.
Matang Belum? Ini Trik Ketahui Kematangan Buah! | Breaktime
Sama seperti semangka, melon juga mengandung banyak air
  • Kesegaran yang ditawarkan melon, menjadikannya sebagai buah favorit setelah semangka. Nah, sebelum membeli melon, pastikan batang pada buahnya sudah terlepas seutuhnya, B’timers. Ini tandanya melon sudah matang sempurna.
  • Hmm, aroma mangga memang tidak ada yang mengalahkan! Jangan biarkan warna dari buah mangga membuat Anda tergoda, ya? Tekanlah dengan lembut saat memilihnya. Mangga yang matang akan mengeluarkan aroma harum khas mangga.
  • Sementara buah dengan biji diluar yang biasa diolah untuk jus ini memang salah satu yang sulit diketahui tingkat kematangannya. Sebelum memilih, pastikan stroberi memiliki tekstur yang masih baik. Jika sudah ada benjolan dan penyok, buah ini sudah terlalu matang.

Nah, dengan tips ini, Anda bisa menghindari membeli buah yang terlalu matang maupun masih mentah, kan, B’timers? (NO)

Share This Article