Anda ‘Tergoda’ Dengan Guilty Pleasure Food? | Breaktime
Masihkah Anda ‘Tergoda’ dengan Guilty Pleasure Food?
10.03.2015

"A guilty pleasure - it's the association and also how it makes someone feel when eating it. ”
-Dr Charlotte Hardman University of Liverpool-

B’timers sudah berkomitmen untuk melakukan pola makan sehat namun masih sering tergoda dengan kenikmatan guilty pleasure food? Memang tidak mudah menahan godaan dari lezatnya makanan favorit, namun Anda harus membulatkan tekad untuk berhenti menyantap guilty pleasure food ini jika tidak ingin diet jadi kacau:

Makanan cepat saji

Masihkah Anda ‘Tergoda’ dengan Guilty Pleasure Food?

Jenis fast food seperti halnya french fries dan fried chicken, termasuk  ke dalam daftar makanan dengan kalori tinggi. Meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, tetap saja makanan semacam ini memberikan sumbangan kalori yang besar untuk tubuh. Misalnya, satu mangkok kecil french fries memiliki kandungan kalori tiga kali lipat dibandingkan dengan satu mangkok kecil apel, padahal kedua jenis makanan tersebut sama-sama mengenyangkan. Hayo, pilih yang mana?

Terlalu sering menyantap berbagai makanan kaya kalori tersebut bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, misalnya saja overweight, kanker, asma, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung. 

Coffee Cake Muffin

Masihkah Anda ‘Tergoda’ dengan Guilty Pleasure Food?

Rasa yang sangat lezat dengan aroma kopi yang khas menjadikan makanan satu ini sebagai salah satu guilty pleasure food yang tidak akan bisa ditinggalkan. Dalam satu buah coffee cake muffin ini terdapat 620 kalori, 25 gram lemak, 54 gram glukosa, dan 93 gram karbohidrat. 

Wah, kandungan gula yang terdapat dalam jenis makanan satu ini tentunya akan membuat kadar gula darah dan lemak jahat penyebab kolesterol naik. Selain itu, tingginya gula dan lemak ini juga bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke. 

Cokelat batangan

Masihkah Anda ‘Tergoda’ dengan Guilty Pleasure Food?

Makanan yang sering menjadi teman di kala sedih ini termasuk salah satu guilty pleasure food karena yang banyak sekali mengandung kalori dan lemak. Dalam 54 gram cokelat batangan, terdapat 230 kalori, 10 gram lemak, dan 14 gram gula. Sebaiknya, gantilah kebiasaan mengonsumsi cokelat batangan dengan menyantap dark chocolate murni yang lebih banyak mengandung zat baik untuk tubuh. 

Jangan sedih dulu, B’timers! Meski cukup banyak mengandung lemak dan kalori, bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa menyantap aneka kudapan tersebut. Hanya saja, batasi jumlahnya supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Share This Article