Masakan Timur Tengah Paling Khas dan Populer | Breaktime
Masakan Timur Tengah Paling Khas dan Populer
22.01.2016

Penggemar kuliner pasti mengenali pasta dan pizza dari Italia, serta hamburger dari Jerman. Rasanya kurang lengkap jika B’timers tidak mengenali aneka kuliner dari Timur Tengah. Masakan Timur Tengah didominasi dengan aneka rempahnya yang kuat. Selain itu, sebagian besar masakannya sangat cocok bagi Anda yang vegetarian. Apa saja sih, kuliner khas Timur Tengah yang lezat dan wajib Anda coba?

  • Roti Pita

Masakan Timur Tengah Paling Khas dan Populer | Breaktime
Bulat pipih kaya akan serat

Makanan pokok populer dari Timur Tengah ini kerap dikombinasikan dengan berbagai kudapan lainnya. Roti gandum berbentuk bulat pipih sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet. Belah menjadi dua lalu isi bagian tengahnya dengan menggunakan salad, maka jadilah kudapan lezat dan menyehatkan.

  • Tahini

Masakan Timur Tengah Paling Khas dan Populer | Breaktime
Saus berminyak serba guna

Tahini merupakan salah satu saus dasar untuk berbagai hidangan. Saus ini dibuat dari biji wijen yang dibakar dan digiling hingga menghasilkan pasta yang berminyak. Tahini digunakan untuk pembuatan hummus, atau sebagai bahan dessert dengan sirup kurma. Sebagai cocolan roti pita juga sangat disarankan, lho!

  • Hummus

Masakan Timur Tengah Paling Khas dan Populer | Breaktime
Cocolan lezat segala makanan

Kudapan yang menyerupai selai ini pada awalnya berasal dari Mesir, namun menjadi populer di seluruh wilayah Timur Tengah. Hummus terbuat dari kedelai yang dimasak lalu dihaluskan bersama dengan tahini, minyak zaitun, jus lemon, garam, dan bawang. Biasanya orang-orang menggunakannya sebagai cocolan atau saus untuk roti pita hingga daging.

  • Falafel

Masakan Timur Tengah Paling Khas dan Populer | Breaktime
Mirip dengan perkedel kacang, ya!

Bentuknya yang menyerupai bola-bola perkedel pasti akan sangat akrab bagi Anda. Namun, falafel berbahan dasar kacang arab yang digiling dan dipadatkan. Kudapan ini tinggi protein dan kandungan gizinya, sehingga sangat cocok bagi Anda yang vegetarian karena disajikan dengan roti pita, selada air, tomat, serta saus pedas.

  • Tabouleh

Masakan Timur Tengah Paling Khas dan Populer | Breaktime
Salad segar dari Mediterania

Sepertinya para vegetarian selalu dimanjakan dengan sajian dari Timur Tengah. Tabouleh menyerupai salad yang terdiri dari potongan kecil tomat, parsley, daun mint, bawang merah dan dibumbui dengan minyak zaitun, jeruk lemon, dan garam. Penambahan selada air dan bawang putih bisa Anda lakukan sebagai variasi.

B’timers tertarik dengan salah satu kuliner Timur Tengah atau ingin mencoba semuanya? Wah, pasti bahagia ya, jika Anda bisa terbang ke sana dan mencoba seluruh kuliner lezat yang ada di sana. Namun, bagi B’timers yang ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah juga tidak masalah, kok. Bahan-bahannya sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah di supermarket terdekat di kota Anda. Selamat berburu kuliner, food lovers! (ft)

Share This Article