Masakan Lezat Tanpa MSG? Pakai Bahan Berikut! | Breaktime
Masakan Lezat Meski Tanpa MSG? Pakai Bahan Rahasia Berikut!
04.10.2015

MSG atau monosodium glutamate memang benar-benar membuat rasa makanan menjadi sangat lezat dan mengguggah selera. Di masyarakat, sangat umum sekali menggunakan MSG sebagai penambah rasa bahkan rasanya akan sangat berbeda jika tidak diberi tambahan bahan tersebut. Food and Drug Administration juga menggolongkan MSG  ke dalam bahan penyedap makanan yang aman.

Meski begitu, keberadaan MSG kadar tertentu tetap bisa menimbulkan gangguan tubuh mulai dari yang ringan seperti halnya sakit kepala, berkeringat, sakit punggung, lemah dan lesu, sampai yang berat seperti kanker. Nah, untuk menghindari dampak buruk penggunaan MSG, ada baiknya untuk mencari alternatif lain yang akan membuat makanan Anda tetap lezat dan nikmat. Berikut ini 5 alternatifnya:

Tomat

Tomat panggang sangat tepat untuk pengganti MSG
Tomat panggang sangat tepat untuk pengganti MSG

Tomat memiliki kadar glutamat tinggi dan bila ditambahkan ke dalam masakan, buah ini akan memberikan sensasi rasa lezat yang alami. Trik untuk mengeluarkan kelezatan tomat dapat dilakukan dengan memanggangnya dan memasukkan ke dalam masakan yang sedang dibuat. Rasakan kelezatan yang akan membuat lidah B’timers bergoyang kegirangan.

Gula pasir

Berikan tambahan gula pasir untuk memberikan kelezatan layaknya MSG
Berikan tambahan gula pasir untuk memberikan kelezatan layaknya MSG

Sudah banyak orang mengganti MSG dengan gula pasir. Rasa manis gula yang bercampur dengan bumbu rempah lainnya mampu menciptakan sensasi lezat dan nikmat. Namun, jangan sampai menuangkannya kebanyakan supaya masakan tidak kemanisan, ya.

Jamur

Pangganglah jamur sampai kecokelatan dan masukkan ke masakan
Pangganglah jamur sampai kecokelatan dan masukkan ke masakan

Kandungan umami yang terdapat di dalam jamur sangat tepat untuk menggantikan keberadaan MSG yang sampai sekarang masih mengundang kontrovesi. Pangganglah jamur shitake atau Portobello sampai kecokelatan, kemudian tambahkan ke dalam masakan yang Anda olah. Rasanya mirip seperti olahan yang biberi MSG.

Garam

Masakan lezat dan nikmat meski tanpa MSG menggunakan garam
Masakan lezat dan nikmat meski tanpa MSG menggunakan garam

Seperti halnya gula yang dapat menggatikan penggunaan MSG, garam juga bias melakukannya. Tambahkan garam pada masakan yang hampir matang untuk dapatkan kelezatan yang pas. Namun, usahakan untuk menambahkannya dalam jumlah yang sedikit saja atau terkontrol supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Bawang putih

Berikan satu atau dua suing ke dalam olahan Anda
Berikan satu atau dua suing ke dalam olahan Anda

MSG digunakan untuk memperkuat rasa dari masakan. Untuk tugas tersebut, Anda bisa menggantinya dengan bawang putih. Tidak hanya bawang putih saja yang bisa dipergunakan, lada, kunyit, jinten, cengkeh, ketumbar, dan juga pala juga bisa dimanfaatkan. Tergantung pada jenis makanan yang dimasak.

Nah, itulah 5 bahan yang bisa digunakan untuk mengganti dampak buruk dari MSG. Daripada menimbulkan bahaya, lebih baik untuk menggantinya dengan bahan yang lebih sehat ya, B’timers. Let’s eat healhty!

Share This Article