Manfaat Super Buah Kurma Untuk Takjil Buka Puasa | Breaktime
Manfaat Super Buah Kurma Untuk Takjil Buka Puasa
04.06.2017

Buah kurma di Bulan Ramadhan memang nyaris tak pernah absen mewarnai sajian takjil berbuka puasa. Buah yang hanya tanamannya diperkirakan berasal dari daerah Teluk Persia ini memang mayoritas harus diimpor dulu dari daratan Timur Tengah. Namun begitu, hal ini tidak meghalangi tingginya konsumsi kurma di Indonesia, utamanya di bulan suci Ramadhan.

Menurut Rasulullah SAW, dianjurkan bagi Anda untuk berbuka puasa menggunakan kurma baik jenis kurma basah (ruthab) maupun kurma kering (tamr). Teladan yang diberikan Rasulullah ini pun ternyata telah banyak dibuktikan manfaatnya secara ilmiah oleh para peneliti. 

Manfaat Super Buah Kurma Untuk Takjil Buka Puasa | Breaktime
jangan lupa santap kurma saat berbuka

Kurma yang dimakan saat berbuka puasa sejatinya sarat akan kandungan gula yang cepat diserap oleh tubuh. Hasilnya, tubuh pun cepat mendapat energi tanpa harus bersusah payah makan makanan berat. Ibadah salat Maghrib pun juga jadi lebih khusyuk karena Anda tidak kekenyangan.

Namun tahukah Anda B’timers bahwa sebenarnya kurma juga menyimpan segudang khasiat menakjubkan lain yang wajib untuk diketahui. Apa saja ya kira-kira?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Nikmatnya Resep Ayam Kurma untuk Sambut Lebaran

Well, ada sekitar enam manfaat kesehatan yang dibawa secara cuma-cuma oleh buah dengan rasa manis legit, si kurma. Manfaat tersebut diawali dengan kenyataan bahwa kurma merupakan jenis makanan yang tergolong sebagai makanan laksatif. Makanan laksatif merupakan makanan yang ramah terhadap sistem pencernaan tubuh manusia. Sehingga, kurma pun dipercaya sebagai buah yang akan menghindarkan konsumennya dari penyakit konstipasi.

Tak hanya menjauhkan Anda dari penyakit konstipasi, ternyata kurma juga akan menumpas habis jenis penyakit diare. Penyakit yang satu ini jelas akan sangat merepotkan bila dialami pada saat Anda sedang berpuasa. Oleh sebab itu, cepatlah mengonsumsi kurma kala berbuka agar penyakit diare Anda pun cepat mampat. Kurma memiliki kandungan potasium yang dikenal sebagai pembasmi diare yang efisien. Kurma juga sarat akan serat yang gampang dicerna sehingga Iaakan menormalkan sistem ekskresi dalam tubuh dengan segera.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aneka Sajian Olahan Kurma untuk Temani Puasa Anda

Selanjutnya, kurma juga dikabarkan sangat baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kurma mengandung zat mineral berlimpah yang bila dikonsumsi akan otomatis memperkuat tulang Anda. Kurma diperkaya dengan zat-zat seperti selenium, manganese, copper dan magnesium yang tentunya akan membantu Anda melawan penyakit tulang sekelas osteoporosis. 

Manfaat Super Buah Kurma Untuk Takjil Buka Puasa | Breaktime
say goodbye to anemia melalui kurma

Bagi Anda yang menderita penyakit anemia, maka kurma juga bisa menjadi obat yang sempurna untuk Anda. Apalagi di bulan puasa ini, Anda penderita anemia pasti sangat rentan untuk menjadi mudah lemas dan letih dalam beraktivitas. Oleh karena itu, mengonsumsi kurma saat berbuka faktanya dapat menjadi pemasok zat besi yang efektif ke dalam darah Anda. Alhasil, Anda pun akan terbebas dari yang namanya rasa lesu, termasuk apabila Anda penderita anemia sekalipun. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Cuma Buahnya, Biji Kurma Ternyata Penuh Manfaat

Yang tak kalah mengejutkan, kurma juga baik lho untuk kesehatan jantung. Anda pun dapat merendam beberapa buah kurma di segelas air matang selama semalaman lalu diminum keesokan harinya untuk mendapatkan jenis manfaat yang satu ini.Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2005 menyatakan bahwa kurma dapat mengurangi kadar level LDL alias kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat erat hubungannya dengan menjaga kesehatan jantung karena kolesterol adalah salah satu faktor umum pemicu penyakit jantung.

Nah B’timers, apakah Anda masih meragukan manfaat kurma yang begitu luar biasa ini? Kalau ingin jadi lebih sehat, maka jangan ragu amalkan sunnah Rasulullah berbuka menggunakan kurma ya. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE