Manfaat Kismis Yang Manis Untuk Kesehatan | Breaktime
Manfaat Kismis Yang Manis Untuk Kesehatan
28.12.2016

Kismis adalah buah anggur yang diproses dan dikeringkan dan memiliki rasa yang sangat manis. Bentuknya yang mengkerut dengan permukaan kulit yang keriput nampaknya tidak mempengaruhi sebagian orang di dunia karena hingga kini kismis sangat populer dan sering Anda temukan sebagai bahan tambahan dari aneka macam camilan manis seperti kue, cake, hingga es krim. Dan ternyata, tidak hanya memiliki rasa yang sangat manis dan lezat, kismis juga memiliki segudang manfaat, lho! Yuk, intip manfaat kismis di bawah ini!

Apakah Anda saat ini memiiki masalah buang air besar yang tidak lancar? Eits, sebelum Anda mengkonsumsi obat pencahar dengan campuran bahan-bahan kimiawi sebaiknya Anda mencoba mengkonsumsi kismis. Kismis memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu memperkuat gerakan otot-otot perut sehingga memperlancar BAB dan membantu tubuh untuk mengeluarkan zat-zat racun melalui kotoran. 

Baca juga : PUDING UBI UNGU TOPPING ANGGUR MANIS DAN LEMBUT

Kismis juga memiliki kandungan magnesium dan potassium yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar asam dan basa di dalam tubuh sehingga membantu mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan atas dua senyawa tersebut, antara lain penyakit arthritis, penyakit asam urat, batu ginjal dan penyakit yang berhubungan dengan organ hati.

Dan tahukah Anda bahwa kismis termasuk salah satu dari sumber antioksidan terbesar? Anggur adalah jenis beri-berian yang memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi, dan menurut penelitian jumlah antioksidan tersebut bertambah hingga tiga kali lipat. Seperti yang telah Anda ketahui, antioksidan adalah senyawa paling ampuh dalam membentengi tubuh dari pembentukan dan penyebaran sel-sel kanker ganas.

Salah satu kandungan antioksidan yang ada di dalam kismis adalah polyphenolic phytonutrient yang memiliki fungsi untuk meredakan pembengkakan dan infeksi. Zat  polyphenolic phytonutrient juga bertindak sebagai anti bakteri yang bertugas untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab infeksi sehingga luka Anda pun akan cepat mengering dan sembuh. Kandungan polyphenolic phytonutrient juga memiliki khasiat untuk menjaga daya pandang mata sehingga dapat mencegah penurunan kualitas penglihatan seiring dengan bertambahnya usia Anda. Kandungan polyphenolic yang cukup juga membantu mata terhindar dari resiko katarak, dan penyakit-penyakit mata yang lainnya. Selain itu, kismis juga memiliki kandungan vitamin A, beta-karoten, dan karotenoid dimana ketiga-tiganya merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh mata.

Manfaat Kismis Yang Manis Untuk Kesehatan | Breaktime
Kue oatmeal dan kismis, hmm!

Bagi Anda yang menginginkan gigi yang kuat dan tidak mudah berlubang, mengemil kismis adalah kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Kismis memiliki asam oleanolik yaitu sejenis asam berkadar tinggi yang berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, kismis juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan gigi dan tulang agar tetap padat dan mencegah pengeroposan gigi dan tulang. 

Baca juga : BUAH ANTIOKSIDAN, PILIH JERUK ATAU STROBERI?

Apabila Anda ingin camilan manis tanpa harus takut berat badan Anda akan melonjak naik, Anda dapat mencampurkan kismis ke dalam hidangan oatmeal atau snack bar Anda. Kismis memiliki kadar pemanis alami yaitu fruktosa dan glukosa yang tinggi sehingga tidak hanya kismis dapat menambahkan rasa manis pada makanan Anda, kandungan gula di dalam kismis juga menjadi sumber energi bagi Anda.

Dan ternyata manfaat kismis tidak hanya terbatas pada sistem organ dan pencernaan saja. Kismis juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satu zat antioksidan yang terkandung di dalam kismis yaitu zat phenol berfungsi untuk melindungi kulit tubuh dari paparan radikal bebas. Kulit tubuh yang terlindungi dari radikal bebas pun akan nampak segar dan terhindar dari resiko penuaan dini. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE