Manfaat Wine Bagi Kesehatan Tak Banyak Diketahui | Breaktime
Manfaat Kesehatan di Balik Wine yang Tak Banyak Diketahui
04.01.2016

Wine, minuman yang wajib ada di setiap perayaan di berbagai belahan dunia, Natal, Thanksgiving, Tahun Baru, hingga dinner resmi bersama kolega. Anda mungkin sudah tahu, bahwa bahan membuat minuman ini adalah anggur. Tapi, bukan sembarang anggur, lho. Dengan nama Latin Vitis vinifera, anggur jenis ini memiliki kulit yang lebih tebal, buahnya kecil, manis, dan mengandung biji.

Dan seperti yang sering kita lihat, ternyata ada banyak jenis wine yang ada di dunia. Mulai dari yang harganya ramah di dompet, sampai yang harganya selangit. Dan dari nama wine saja kita bisa tahu daerah pembuatan muniman tersebut. Misalnya, Bordeaux Blend, yang berasal dari Bordeaux, Perancis.

Manfaat Wine Bagi Kesehatan Tak Banyak Diketahui | Breaktime
Wine dari berbagai negara memiliki keunggulan masing-masing

Mengintip sedikit sejarah wine

Berdasarkan penelitian dari Cornell University, pembuatan wine pertama kali adalah antara tahun 6.000 hingga 4.000 SM di Mesopotamia dan beberapa area di Laut Kaspian. Pada saat itu hanya para bangsawan, keluarga raja, dan anggota dari gereja yang boleh menikmati wine. Sementara para petani dan penduduk biasa hanya bisa menenggak bir.

Dan seiring perkembangannya, wine digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Seperti untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan, mengobati demensia, dan untuk mensterilkan air ketika terjadi wabah kolera di Hamburg, Jerman.

Lalu sebenarnya adakah manfaat menyehatkan dari meminum wine ini, B’timers?

  • Mengurangi resiko depresi

Penelitian yang dilakukan beberapa universitas di Spanyol menemukan pria dan wanita yang meminum 2 sampai 7 gelas wine setiap minggu, memiliki resiko depresi yang lebih rendah. Namun hal tersebut sebenarnya tidak terlepas dari banyak faktor lainnya, seperti gaya hidup.

  • Mencegah kanker kolon

Para ilmuwan dari Universitas Leichester, UK, melaporkan dengan cukup mengkonsumsi red wine dapat mengurangi resiko kanker kira-kira hingga 50 %.

  • Anti-aging

Kandungan resveratrol yang ada di dalam wine ternyata memiliki banyak manfaat. Resveratrol ini berasal dari kulit anggur merah. Dan kandungan tersebut ternyata ikut menjaga pembuluh darah tetap sehat, sehingga mereka yang meminum olahan anggur tersebut dapat hidup lebih lama.

Manfaat Wine Bagi Kesehatan Tak Banyak Diketahui | Breaktime
Minum wine dipercaya dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan
  • Mencegah kanker payudara

Bahan kimia yang terkandung dari kulit serta biji anggur merah dapat mengurangi hormon estrogen dan meningkatkan hormon testosterone pada wanita usia subur. Hal inilah yang menyebabkan resiko kanker payudara berkurang.

  • Mencegah demensia

Sejak 1977, dengan minum wine terutama red wine, karena mengandung resveratrol paling banyak, dapat menghindarkan pengentalan darah, yang akan membantu menjaga pembuluh darah tetap fleksibel sehingga aliran darah lancar.

Well, terlepas dari kepercayaan setiap orang, wine ternyata memang memiliki manfaat baik bagi kita. Namun, seperti yang diungkapkan oleh Profesor Edward Neafsey, Kepala Medical Center dari Universitas Loyola, dunia kedokteran tidak menganjurkan Anda untuk mulai mengonsumsi wine. Tapi, selama Anda tidak berlebihan meminumnya, wine bisa cukup menyehatkan, B’timers. (no)

Share This Article