Manakah Sumber Karbohidrat yang Lebih Sehat? | Breaktime
Manakah Sumber Karbohidrat yang Lebih Sehat?
02.09.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah



B’timers, nasi putih merupakan sumber karbohidrat utama yang kita konsumsi setiap hari. Ditambah dengan sayuran dan lauk-pauk, nasi putih menjadi sumber energi yang sempurna untuk beraktivitas seharian. Tapi benarkah nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang paling baik untuk kesehatan?

Ternyata, ada sumber karbohidrat lain yang lebih bersahabat dengan tubuh Anda, yaitu roti gandum. Mengapa bisa demikian? Yuk, simak informasi berikut ini:

Memiliki karbohidrat kompleks

Gandum dikatakan lebih baik daripada nasi karena kaya akan kandungan karbohidrat kompleks. Sedangkan nasi hanya memiliki karbohidrat sederhana yang mudah di cerna tubuh. Inilah yang menyebabkan kita mudah lapar ketika makan nasi.

Lebih kaya serat

Selain karbohidrat, roti gandum juga kaya akan serat. Akibatnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsi roti gandum. Sedangkan nasi yang minim serat akan membuat Anda lebih mudah lapar.

Nasi putih menyebabkan kadar gula darah meningkat
Nasi putih menyebabkan kadar gula darah meningkat

Mengandung lebih banyak kalori dan rendah gula

Dalam 100 gram nasi terdapat 129 kalori. Sedangkan pada 100 gram roti gandum terdapat 259 kalori. Jadi, Anda akan memperoleh lebih banyak asupan energi saat mengonsumsi roti gandum.

Selain kandungan karbohidrat dan serat yang baik, gandum juga dilengkapi berbagai nutrisi lain seperti asam folat, magnesium, vitamin E, vitamin B2, dan vitamin B6. Gandum juga rendah gula sehingga membuat organ tubuh bekerja lebih ringan dan tidak memaksa tubuh memproduksi terlalu banyak insulin untuk mencernanya.

Sementara itu, beras putih banyak kehilangan vitamin B, B3, B6, mineral, asam lemak, serat, dan asam folat dalam proses penggilingan untuk membuang lapisan terluar padi. Nasi putih juga lebih mudah dicerna menjadi glukosa dan dapat menaikkan gula darah tubuh.

Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya membiasakan diri mengonsumsi roti gandum. Selain lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh, roti gandum juga sangat baik bagi B’timers yang menjalankan diet.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE