Mana Jajanan Pasar Indonesia yang Anda Sukai? | Breaktime
Mana Jajanan Pasar Indonesia yang Anda Sukai?
29.05.2016

Tak hanya terkenal dengan budaya dan destinasi wisatanya saja. Indonesia juga memiliki ragam kuliner yang sangat bervariasi dan selalu menggoda selera. Salah satunya adalah berbagai macam jajanan pasar. Biasanya dijual di pasar tradisional. Mulai dari rasa yang manis hingga gurih. Berikut Breaktime sajikan jenis jajanan pasar yang enak untuk Anda. Coba cek, mana yang paling Anda sukai, B’timers?

Mana Jajanan Pasar Indonesia yang Anda Sukai? | Breaktime
Bentuknya mirip wajan, ya?

Onde-onde

Biji wijen yang menyelimuti permukaan bulatnya menjadi ciri khas onde-onde yang kita kenal. Biasanya diisi dengan pasta kacang hijau, jajanan ini cukup digemari. Apalagi sekarang onde-onde tak hanya dibuat dari tepung ketan saja. Anda bisa menemukan onde-onde warna warni dari Mojokerto.

Lupis

Ada yang mengatakan lupis, ada juga yang menyebutnya lopis. Jajanan ini berasal dari daerah Jawa. Rasanya yang manis didapatkan dari campuran gula aren dan kelapa parut yang ditambahkan sebagai pelengkap untuk menikmati lupis ini.

Mana Jajanan Pasar Indonesia yang Anda Sukai? | Breaktime
Taburi kelapa parut lalu siram dengan gula merah cair

Kue lapis

Mengapa namanya kue lapis? Karena kue ini terdiri dari beberapa lapisan warna. Terbuat dari tepung beras, tepung kanji dan santan, jajanan ini dikukus. Setiap lapisan baru ditambahkan setelah lapisan pertama sudah matang, B’timers. Kue lapis ini ada hampir di seluruh Indonesia, lho.

Baca juga : 7 MAKANAN INDONESIA YANG WAJIB DICOBA SIAPA SAJA

Getuk

Kuliner khas Jawa Tengah ini berbahan utama ketela pohon atau singkong. Singkong yang matang setelah dikukus akan ditumbuk hingga halus. Kemudian diberi gula sebagai pemanis. Untuk menikmatinya, Anda harus menaburi getuk dengan parutan kelapa terlebih dahulu, B’timers.

Mana Jajanan Pasar Indonesia yang Anda Sukai? | Breaktime
Getuk yang penuh warna

Putu

Nah, kalau jajanan pasar yang satu ini, biasanya dijajakan keliling dengan gerobak. Anda akan tahu penjualnya karena siulan khas dari tungkunya. Isian gula merahnya akan melumer di mulut ketika Anda menggigit kue putu hangat yang bertabur kelapa parut ini.

Lemper

Jajanan pasar yang dibungkus daun pisang ini rasanya gurih, karena berisi abon sapi atau cincangan daging ayam yang telah dibumbui, B’timers. Ketan yang dikukus dengan daun pisang itu aromanya begitu menggoda. Dan cukup mengenyangkan, lho.

Mana Jajanan Pasar Indonesia yang Anda Sukai? | Breaktime
Jajanan pasar yang cukup mengenyangkan

Sebenarnya, jika membicarakan jajanan pasar dari Indonesia, masih banyak lagi, B’timers. Misalnya lumpia khas Semarang, nagasari yang juga dibungkus daun pisang, dadar gulung, bikang, hingga kue ku. Nah, mana yang merupakan kesukaan Anda, B’timers? (NO)

Share This Article