Makna Cinta Tersembunyi di Balik Roti Buaya | Breaktime
Makna Cinta Tersembunyi di Balik Roti Buaya
02.07.2016

Indonesia memang kaya kuliner dan budaya. Dan, ketika keduanya berpadu, menghasilkan kombinasi yang manis dan menarik, salah satunya seperti roti buaya yang unik. B’timers sudah tahu roti buaya? Ya, roti berbentuk buaya khas dari Betawi. Tak hanya bentuknya yang unik, sebenarnya roti ini punya cerita dan makna di baliknya, lho.

Roti buaya biasa disediakan di upacara pernikahan tradisional adat Betawi. Pada zaman dulu kala, sebelum metode pembuatan roti dan pastry diperkenalkan oleh bangsa Eropa yang tinggal di Jakarta, yakni orang Portugis dan Belanda, kue yang berbentuk buaya ini masih dibuat dari ubi atau singkong. Wah, terbayang bagaimana membuatnya?

Seiring perkembangan zaman, roti buaya sudah dibuat dengan cara yang modern. Ada secuil kisah sejarah dan budaya di balik roti buaya ini. Orang Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali dan memiliki satu pasangan saja untuk selamanya. Oleh karena itu, roti ini dibuat dan dipercaya sebagai simbol kesetiaan bagi pasangan yang sudah menikah.

Makna Cinta Tersembunyi di Balik Roti Buaya | Breaktime
Pembuatan roti buaya

Selama acara pernikahan, roti buaya ini dianggap sebagai perumpamaan karakter sang pengantin laki-laki. Selain melambangkan kesetiaan, roti buaya juga menjadi simbol kemapanan secara ekonomi. Namun, simbolis buaya memang beda dengan istilah atau julukan yang biasa kita dengar sehari-hari, ya? Sebut saja buaya darat yang berarti seseorang yang tidak setia.

Tapi itu tidak melunturkan makna roti buaya pada acara pernikahan orang Betawi yang kental dengan nuansa adat. Makna lain di balik roti buaya adalah kesabaran, itu karena buaya selalu sabar dalam menunggu mangsanya. Selain itu, buaya juga melambangkan kejantanan, lho. Ternyata ada banyak ya, makna di balik roti buaya yang bentuknya unik? Dan satu lagi, di acara pernikahan, roti ini tidak untuk dimakan, B’timers, jadi memang khusus dibuat untuk kelengkapan pernikahan saja. (md)

Share This Article