Makanan yang Baik dan Harus Dihindari Saat Sakit | Breaktime
Makanan yang Baik dan Harus Dihindari Saat Sakit
26.05.2016

Cuaca yang tidak menentu dapat membuat tubuh mudah sakit. Saat tubuh mulai terasa tidak sehat, dengan tenggorokan yang gatal, terkadang kita tidak tahu makanan yang baik ataupun buruk untuk mengembalikan kebugaran. Wah, daripada semakin parah, simak makanan yang baik serta yang harus Anda hindari ketika sedang sakit, ya, B’timers!

Masalah pencernaan

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi pisang, nasi, roti panggang, oatmeal, kentang rebus, atau daging ayam panggang. Dan hindari permen dan makanan yang menyebabkan kembung, seperti bawang, apel, brokoli, kubis dan produk olahan susu.

Sulit buang air besar

Konsumsi makanan tinggi serat dan usahakan minum banyak air, mulai 6 hingga delapan gelas air per hari. Selain itu, jauhi makanan yang dapat memperburuk kondisi Anda, seperti cokelat, produk susu, suplemen zat besi dan obat anti depresi, B’timers.

Makanan yang Baik dan Harus Dihindari Saat Sakit | Breaktime
Air mineral dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh

Perut terasa mual

Makanan yang baik saat merasa mual adalah makanan asin, seperti kerupuk atau pretzel. Jahe atau lemon tea juga dapat membantu. Namun jangan pernah sentuh makanan berminyak, pedas, kafein dan minuman beralkohol serta berkarbonasi, ya?

Berat saat menelan

Campuran teh dengan daun mint akan membantu, tambahkan madu jika suka. Pilih makanan lembut, seperti krim sup, kentang tumbuk, yogurt atau custart. Keripik kentang, kacang, granola, jus asam akan semakin mengiritasi tenggorokan Anda.

Tubuh terasa sakit

Yang terbaik adalah yang mengandung magnesium, tinggi kalsium dapat meredakan kram otot dan nyeri di tubuh Anda, B’timers. Sementara jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, itu akan semakin memperburuk kondisi Anda, lho.

Sakit kepala

Jika terserang sakit kepala, perhatikan asupan cairan bagi tubuh. Jangan mengonsumsi terlalu banyak kafein untuk menghindari dehidrasi. Untuk sementara jangan makan makanan yang mengandung pemanis maupun penyedap buatan.

Makanan yang Baik dan Harus Dihindari Saat Sakit | Breaktime
Jangan minum kafein terlalu banyak

Sakit Telinga

Kaldu atau sup ayam dapat membantu mengurangi hidung tersumbat yang menyebabkan sakit telinga. Perbanyak omega-3 dan vitamin C. Namun hindari yogurt serta prosuk makanan olahan yang dikemas karena dapat memperlambat penyembuhan.

Ruam gatal di kulit

Makanan yang mengandung omega-3 serta tinggi protein dapat mengurangi peradangan yang disertai gatal, B’timers. Dan kacang-kacangan, cokelat, ikan, tomat, telur, buah, kedelai, gandum dan susu adalah makanan paling umum yang menyebabkan gatal.

Hidung meler

Coba wakaya ginger tea. Jahe yang mengandung antioksidan dan anti inflamasi juga baik. Apple cider serta lemon pun dapat membantu. Tapi tidak dengan makanan pedas serta minuman yang mengandung alkohol, B’timers. (NO)

Share This Article