Makanan yang Ampuh Atasi Anemia, Apa Saja, sih? | Breaktime
Makanan yang Ampuh Atasi Anemia, Apa Saja, sih?
03.02.2017

Anda termasuk orang yang kekurangan darah alias anemia, B’timers? Well, untuk para penderita anemia adalah hal yang penting dalam memperbanyak asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besinya. Karena jika tubuh seseorang mengalami kekurangan zat besi, maka akan membuat mereka rentan pada serangan penyakit maupun infeksi, B’timers. Terlebih lagi untuk wanita hamil.

Bagi wanita yang berusia 19 – 50 tahun, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 18 miligram zat besi per harinya. Sementara untuk para wanita yang sedang mengandung, sebaiknya menambahkan jumlah zat besi menjadi 27 miligram. Dan bagi kaum pria dari usia 19 – 50, disarankan untuk mengonsumsi zat besi dengan jumlah yang lebih sedikit, yaitu 8 miligram.

Terdapat dua jenis zat besi yang dapat Anda konsumsi, B’timers. Zat besi heme yang berasal dari hewan dan zat besi non heme, yang ebrasal dari tumbuhan. Dan kedua sumber zat besi tersebut sangat penting bagi tubuh kita, B’timers. Jadi jika Anda merupakan salah satu yang mengalami kekurangan darah, ada baiknya memasukkan makanan yang ampuh atasi anemia berikut ini!

Makanan yang Ampuh Atasi Anemia, Apa Saja, sih? | Breaktime
Kuning telur adalah sumber makanan yang kaya zat besi

Daging seperti hati dan jeroan adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan zat besi hewani. Dan selain itu, ada juga kandungan mineral, vitamin dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam hati sapi terkandung setidaknya 5 mg dalam setiap potongannya, B’timers. Namun jika Anda tidak suka hati, ganti saja dengan kuning telur ataupun daging merah yang tinggi zat besi.

Seafood adalah makanan berikutnya yang tak kalah ampuh untuk mengatasi anemia, lho. Kerang, tiram dan cumi-cumi adalah contoh dari bahan makanan yang tinggi akan nutrisi penting, yaitu zat besi, seng dan Vitamin B12. Di dalam satu tiram, terkandung setidaknya 3 – 5 mg zat besi. Sumber zat besi lainnya adalah haddock, salmon serta ikan tuna, meskipun tidak setinggi moluska.

Kacang-kacangan, khususnya buncis bisa memberikan sekitar kurang lebih 5 mg zat besi di dalam setiap porsinya. Dan tak hanya zat besi, buncis juga kaya akan protein yang menjadikannya sebagai pilihan bagi Anda para vegetarian. Buncis adalah tambahan lezat yang bisa Anda masukkan ke dalam sepiring salad atau pasta. Bahkan sangat lezat untuk bahan menyehatkan di dalam salsa.

Makanan yang Ampuh Atasi Anemia, Apa Saja, sih? | Breaktime
Dalam semangkuk sereal tersimpan zat besi yang penting

Nah, siapa bilang sereal bukanlah asupan penting bagi mereka yang mengalami kurang darah, B’timers? Periksalah label nutrisi di dalam kemasan untuk mengetahui berapa jumlah kandungan zat besi di setiap porsi sereal. Selain sereal, biji labu juga merupakan sumber makanan yang menyehatkan dengan zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar kurang lebih 8 - 10 mg dalam satu porsinya.

Makanan yang ampuh untuk para penderita anemia selanjutnya adlaah kedelai, B’timers. Di dalam 1 ½ porsi kacang kedelai, mengandung setidaknya lebih dari 4 mg zat besi. Selain kandungan zat besi yang cukup tinggi, kacang kedelai juga merupakan sumber mineral yang penting, seperti tembaga yang bisa membantu menjaga pembuluh darah dan sistem kekebalan tubuh dan mangan.

Bayam, diolah ataupun dikonsumsi mentah sama-sama menawarkan zat besi yang cukup tinggi untuk tubuh, B’timers. Namun apabila diolah terlebih dahulu, akan memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi yang ada. Di setiap sekitar satu porsi bayam, tersimpan setidaknya 6 mg zat besi. Bayam juga kaya akan kandungan protein, serat, kalsium dan Vitamin A serta Vitamin E, lho.

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang ampuh untuk mengatasi anemia, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE