Makanan Tradisional Pasangan Serasi Kerupuk | Breaktime
Makanan Tradisional Pasangan Serasi Kerupuk
03.01.2017

Ladies, ketika Anda menyantap makanan-makanan khas Indonesia, pasti rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran si kerupuk. Entah mengapa dan sejak kapan, kerupuk telah menjadi bagian wajib dari pelengkap orang Indonesia dalam menyantap makanannya. Tidak mengherankan jika hingga saat ini mulai dari warung hingga restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia berbintang lima selalu menyertakan setoples kerupuk renyah di meja. Penasaran tidak dengan jenis-jenis masakan tradisional yang selalu disantap dengan kerupuk?

Hidangan tradisional Nusantara yang bernama gado-gado atau disebut juga dengan lotek adalah salad sayur dengan bumbu kacang yang gurih dan dilengkapi dengan tahu, tempe goreng, lontong, dan telur rebus. Dan satu hal lagi yang tidak dapat dipisahkan adalah kehadiran emping atau kerupuk dalam jumlah yang banyak. Kombinasi antara gurihnya saos kacang, tahu, tempe, dan telur berpadu dengan segarnya sayuran dan kerenyahan kerupuk membuat gado-gado menjadi hidangan bertemankan kerupuk yang paling populer di kalangan masyarakat, terutama masyarakat Jawa.

Makanan Tradisional Pasangan Serasi Kerupuk | Breaktime
Uh, jadi lapar ya, B’Timers!

Hidangan tahu telur adalah hidangan khas Jawa Timur yang juga selalu didampingi dengan kerupuk jenis kerupuk udang. Tahu telur goreng yang disiram dengan saus kacang dan disajikan dengan lontong ini memang sangat menggugah selera. Perpaduan kegurihan antara semua bahan seakan-akan disempurnakan dengan kriuk-kriuk seru dari kerupuk udang. Hmm, lezat!

Satu lagi hidangan tradisional yang sangat akrab disantap dengan kerupuk adalah pecel! Pecel yang merupakan menu sarapan sejuta umat di Indonesia ini terdiri lagi-lagi dari sayuran hijau, kecambah, dan siraman saus kacang yang sangat gurih. Menu pecel yang juga dapat dilengkapi dengan pelengkap tahu, tempe, lele, atau ayam ini tidak lengkap tanpa kehadiran peyek kacang! Peyek kacang adalah sejenis kerupuk khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan air. Selain peyek kacang, tersedia juga peyek ikan teri, peyek kedelai, bahkan peyek laron! 

Nah, B’Timers! Apakah Anda memiliki makanan tradisional lain yang terasa lezat saat dimakan bersama kerupuk? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE