Makanan Sehat dan Bernutrisi Buat Ibu Hamil | Breaktime
Makanan Sehat dan Bernutrisi Buat Ibu Hamil
01.05.2017

Menjaga kesehatan pada masa kehamilan sangatlah penting. Itu sebabnya, makanan buat ibu hamil harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Karena, saat hamil, ibu membutuhkan asupan lebih untuk nutrisi, vitamin dan juga mineral, di mana semuanya harus terpenuhi dengan cukup. Bahkan, pada masa trimester kedua dan ketiga, ibu hamil membutuhkan sekitar 350-500 ekstra kalori.

Nutrisi yang terpenuhi pada masa kehamilan juga penting manfaatnya untuk pertumbuhan dan perkembangan janin bayi. Nah, tahukah B’timers, bahwa indera pengecap rasa pada janin bayi mulai terbentuk, ketika usianya sekitar 9 minggu? Jadi, apapun yang dimakan oleh ibu hamil juga akan dapat terkecap oleh indera perasa bayi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan juga bayi yang ada di dalam kandungan, berikut daftar makanan ibu hamil.

Baca juga : PASCA KEGUGURAN, COBA SOLUSI CEPAT HAMIL INI!

Yang pertama adalah susu dan produk olahannya, ini karena selama kehamilan, ibu membutuhkan banyak asupan protein dan kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Terdapat kandungan protein yang berkualitas tinggi dalam produk olahan susu. Susu juga merupakan sumber yang sangat baik untuk kalsium, kaya kandungan fosfor, vitamin B, magnesium dan zinc.

Makanan Sehat dan Bernutrisi Buat Ibu Hamil | Breaktime
Susu termasuk dalam daftar makanan buat ibu hamil

Kemudian, biji-bijian juga sangat baik dijadikan makanan ibu hamil. Seperti contohnya lentil, kacang polong, buncis, kedelai dan kacang tanah. Dalam biji-bijian terdapat kandungan serat, protein, zat besi, folat dan kalsium, semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu pada saat hamil. Selain biji-bijian, makanan lainnya yang juga sangat baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan adalah ubi.

Ubi sangat banyak mengandung beta-karoten, sejenis senyawa tanaman yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A sendiri sangat diperlukan untuk pertumbuhan, juga untuk perkembangan sel dan janin. Perkembangan janin sangat membutuhkan makanan buat ibu hamil yang mengandung vitamin A, untuk menjaga kesehatan janin itu sendiri.

Baca juga : 3 CERITA SUKSES PASANGAN YANG PENGEN CEPAT HAMIL

Untuk konsumsi daging, ibu hamil disarankan banyak mengonsumsi ikan salmon. Ini karena salmon kaya asam lemak omega-3. Sementara, dari banyak kasus, ibu hamil kurang konsumsi omega-3 dari asupan sehari-harinya. Selain ikan salmon, omega-3 memang paling banyak terdapat pada seafood, yang mana fungsinya dapat membantu membentuk otak dan mata janin.

Sayuran juga merupakan makanan ibu hamil yang sangat penting. Macam-macam sayur seperti brokoli dan sayuran berdaun hijau, contohnya kale dan bayam, mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Banyak terdapat kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalium di dalam ragam sayuran ini. Selain itu, sayuran berwarna hijau ini juga banyak mengandung antioksidan.

Makanan Sehat dan Bernutrisi Buat Ibu Hamil | Breaktime
Pentingnya brokoli untuk makanan buat ibu hamil

Sementara, kandungan seratnya dapat membantu mencegah sembelit, yang sering dialami oleh ibu hamil. Kemudian, ibu hamil juga sangat baik mengonsumsi daging selain ikan salmon, seperti daging sapi, ayam dan babi. Tak hanya kaya kandungan protein, macam-macam daging ini juga banyak mengandung zat besi dan vitamin B yang menjadi kebutuhan ibu hamil.

Baca juga  : WAJIB TAHU! INILAH TIPS SENAM IBU HAMIL 8 BULAN!

Zat besi adalah mineral penting yang digunakan sel-sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin. Sangat penting fungsinya untuk menyalurkan oksigen ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh. Makanan ibu hamil perlu mengandung zat besi, dan lebih banyak daripada yang biasanya dikonsumsi. Ini sangat penting, terutama ketika usia kehamilan mencapai trimester ketiga.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi jika ibu hamil kekurangan zat besi adalah anemia, yang nantinya turut meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan bayi yang kurang ketika lahir. Jadi, sangatlah penting untuk mengonsumsi makanan buat ibu hamil yang tepat, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan juga bayi. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE