Makanan-Makanan yang Dicintai Jantung Sehat | Breaktime
Makanan-Makanan yang Dicintai Jantung
05.02.2015

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. It is still the number one killer of Americans. Namun, B’timers tak perlu khawatir. Sudah banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah cardiovascular disease yakni dengan menjaga pola makan dan hidup sehat dengan rutin berolahraga.

Breaktime sendiri punya cara jitu untuk ‘memanjakan’ dan ‘menyayangi’ jantung dengan rutin mengonsumi makanan-makanan berikut ini:

Oatmeal

Makanan-Makanan yang Dicintai Jantung Sehat | Breaktime

Oatmeal kaya akan kandungan serat yang bisa membantu Anda untuk menurunkan kandungan kolesterol berlebihan di dalam tubuh. Lauren Graf, pakar yang bekerja sebagai co-director dari Cardiac Wellness Program di Montefiore Medical Center di New York City mengungkapkan jika oatmeal bekerja seperti prinsip kerja sponge yang menyerap kolesterol dalam tubuh dan tidak akan terbawa oleh aliran darah. Untuk menjaga kesehatan jantung agar berfungsi normal, sebaiknya B’timers sering mengonsumsi jenis olahan yang berbahan dasar oatmeal, seperti roti, sereal, atau pasta.

Citrus fruit

Makanan-Makanan yang Dicintai Jantung Sehat | Breaktime

Wanita yang mengonsumsi makanan kaya flavonoids yang banyak terdapat pada jeruk atau anggur memiliki 19 persen lebih kecil risiko terserang ischemic stroke (stroke yang disebabkan oleh pembekuan dalam darah). Selain itu, jeruk juga banyak mengandung vitamin C yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Biasanya, banyak orang yang memilih meminum jus buah ini daripada memakannya sebagai buah. Namun Anda perlu waspada dengan penggunaan gula yang malah akan menghalangi produksi statin yang bisa menurunkan koleterol.

Legumes

Makanan-Makanan yang Dicintai Jantung Sehat | Breaktime

Legum merupakan makanan yang banyak mengandung biji-bijian di dalamnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi legumes at least 4 times a week memilki 22 pesen lebih rendah risiko untuk terserang penyakit jantung dibanding mereka yang mengonsumsi legumes sekali dalam seminggu. Legumes juga membantu mengontrol kandungan gula darah bagi orang yang terkena diabetes. Menurunkan kandungan kadar gula dalam darah akan membantu menurunkan kolesterol yang bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Tak sulit kan, mencintai jantung kita B’timers? Eat right and love your body!

Share This Article