Makanan Khas Surabaya Ini Dijamin “Mantep Abis”! | Breaktime
Makanan Khas Surabaya Ini Dijamin “Mantep Abis”!
21.03.2017

Tidak hanya kaya akan tempat wisata yang penuh dengan sejarah, Kota Pahlawan menawarkan banyak pilihan makanan yang rasanya tak Cuma lezat, namun juga bikin kangen, B’timers. Nah, bagi Anda yang selalu menyempatkan waktu mampir ke setiap tempat wisata kuliner di kota yang dikunjungi, di bawah ini adalah beberapa makanan khas Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan jika datang serta berlibur ke Kota Pahlawan! Apa saja? Here we go, B’timers!

Baca juga : OBATI RASA RINDU BERSAMA MAKANAN KHAS MEDAN INI!

Makanan khas dari Ibukota Jawa Timur yang pertama adalah Rujak Cingur. Nah, makanan khas yang satu ini memang telah tersebar ke segala penjuru kota di Indonesia. Namun seperti yang kita ketahui bahwa, petis yang digunakan untuk membuat bumbu Rujak Cingur di Surabaya sangat spesial dengan aroma dan rasa khas yang tidak akan Anda dapatkan di manapun di luar Kota Pahlawan, B’timers.

Makanan Khas Surabaya Ini Dijamin “Mantep Abis”! | Breaktime
Sate Klopo yang melegenda. Photo by google.com

Lalu ada juga Sate Klopo. Eits, jangan salah, karena meskipun namanya adalah Sate Klopo, namun Anda tidak hanya mendapatkan kelapa yang dijadikan sate, lho, B’timers. Bagian jerohan dan juga lemak sapi akan dicampurkan dengan parutan kelapa yang sebelumnya telah diberikan bumbu. Lalu Sate Klopo pun dibakar hingga matang. Ada juga Sate Klopo berbahan daging, hingga udang, lho!

Dan tidak hanya makanan yang menggunakan bumbu petis saja yang merupakan kuliner khas Surabaya, lho, B’timers. Soto Ayam Lamongan yang meskipun bukan berasal dari Surabaya, saat ini telah dianggap sebagai makanan khas Kota Pahlawan, B’timers. Bedanya dengan Soto Ayam dari daerah lain, Soto Ayam Lamongan memiliki kuah bening yang rasanya jauh lebih gurih karena penambahan santan.

Baca juga : MAKANAN KHAS MALANG YANG BISA BIKIN ANDA KANGEN!

Karena Surabaya terletak di pesisir, tentunya akan ada yang kurang jika Anda berlibur ke kota ini tanpa  mencicipi hidangan yang terbuat dari bahan seafood, B’timers. Nah, bagi Anda penggemar berat olahan dari kepiting, ada Kepiting Asam Manis dan juga Kepiting Bumbu Kare yang menjadi menu andalan dari Warung Cak Gundul di Surabaya. So, luangkan waktu untuk mampir dan icip-icip, ya?

Makanan Khas Surabaya Ini Dijamin “Mantep Abis”! | Breaktime
Rawon Setan yang menggugah. Photo by google.com

Selain Soto Ayam Lamongan yang bakalan bikin Anda kangen dengan makanan khas Surabaya, ada juga Rawon Seten yang menawarkan pilihan makanan berkuah dengan cita rasa yang unik, khas rempah dari Indonesia, B’timers. Dengan kuah hitam yang gurih, terdapat potongan daging sapi, ditambah jerohan atau kikil. Rawon Setan adalah pilihan sempurna untuk Anda yang ingin wisaka kuliner di Surabaya.

Hidangan khas Surabaya yang tidak akan pernah lekang dimakan oleh kemajuan zaman adalah Lontong Balap, B’timers. Telah menjadi ikonnya kuliner asli Surabaya, Lontong Balap menggambarkan kehidupan masa lalu dari masyarakan Surabaya, lho. Di dalam satu porsi Lontong Balap, terdiri dari lontong, tahu goreng, lentho yang menjadi ciri khas Lontong Balap, dan ditambah taoge dan kuah petis. Hmm!

Baca juga : WOW! BETAPA MENGGODA NIAN MAKANAN KHAS BALI INI!

Untuk Anda yang belum puas dengan sajian khas Surabaya yang terasa begitu original karena tambahan petis pada kuahnya, Surabaya masih punya Tahu Campur, lho, B’timers. Sekilas memang serupa dengan Lontong Balap. Namun makanan khas Surabaya yang satu ini terdiri dari potongan lontong, daging sapi, perkedel, tahu goreng, selada, taoge segar dan kuah kaya rasa dengan petisnya yang bikin mantep!

Nah, itulah beberapa makanan khas Surabaya yang dijamin tak hanya lezat, namun juga bakal bikin Anda kangen dengan Kota Pahlawan, lho, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE