Makanan Khas Natal dari Penjuru Dunia | Breaktime
Makanan Khas Natal dari Penjuru Dunia
24.12.2015

Tak terasa natal akan segera menghampiri kita. Perayaan natal tentu identik dengan acara keluarga dan makan bersama. Nah, dalam acara ini tentu ada beberapa makanan yang disuguhkan dan telah menjadi tradisi. Beberapa mungkin akan menyuguhkan makanan manis, sedangkan yang lain lebih memilih makanan dengan cita rasa asin. Berikut ini makanan khas natal dari berbagai negara.

Perancis

Buche de Noel merupakan makanan khas Natal di Perancis. Roti panggang coklat yang digulung ini merupakan makanan yang selalu disajikan sebagai makanan penutup saat malam Natal. Tak hanya disajikan begitu saja, roti gulung ini harus tampak elegan saat berada di piring saji.

Makanan Khas Natal dari Penjuru Dunia | Breaktime
Buche de Noel, roti gulung berbentuk batang kayu

India

Sebagian besar penduduk India memang beragama Hindu, tapi meskipun menjadi agama minoritas, bukan berarti umat Kristen tak bisa merayakan Natal. Di India, Natal bukanlah acara saling bertukar hadiah, melainkan kegiatan makan bersama. Umumnya, dalam perayaan Natal di India akan disuguhkan kari tradisional dan berbagai makanan lain seperti newrio, pangsit manis berisi gula aren, kelapa parut manis, biji wijen, serta membagikan permen Natal yang disebut Kuswar ke tetangga mereka.

Filipina

Saat malam Natal, rakyat Filipina akan merayakan dengan sebuah pesta tradisional yang disebut Nochebuena Fest. Dalam perayaan tersebut, masyarakat akan menghadiri misa Malam Natal yang dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama. Ham, roti mie dan nasi menjadi menu utama dalam pesta Natal tersebut.

Cina

Perayaan Natal di Cina memang tak semeriah perayaan Natal di negara-negara Eropa. Namun, pada malam natal masyarakat Cina akan bertukar apel yang dibungkus dengan sohun sebagai penanda liburan. Tradisi unik ini berasal dari kata ‘Apel’ yang mirip dengan kata ‘Malam Natal’ dalam bahasa Cina.

Makanan Khas Natal dari Penjuru Dunia | Breaktime
Baccala, hidangan ikan cod asin malam Natal di Italia

Italia

Mayoritas penduduk Italia adalah pemeluk agama Katolik. Pada malam Natal, masyarakat Italia akan merayakannya dengan makan makanan laut atau seafood. Hidangan ikan yang tak boleh terlewatkan saat malam Natal di Italia adalah Baccala atau ikan cod asin.

Spanyol

Natal merupakan kado spesial bagi para karyawan. Karena pada malam Natal, Anda dapat menikmati anggur, wiski, dan turron yang dibeli oleh bos Anda. Tak ketinggalan pula berbagai makanan lezat yang akan disuguhkan untuk Anda.

Nah, dari beragam makanan khas Natal ini, mana yang menjadi favorit B’timers? (dfr)

Share This Article