Makanan Filipina yang Mirip Makanan Indonesia | Breaktime
Makanan Khas Filipina yang Mirip Makanan Indonesia
02.04.2016

Memang benar kata orang barat, Asia adalah surganya masakan lezat. Filipina adalah salah satunya. Filipina memiliki ribuan menu masakan yang membuat siapapun yang mencicipi tak bisa berhenti mengunyah, seperti halnya masakan Indonesia. Namun, tahukah B’timers bahwa ada beberapa makanan khas Filipina yang mirip dengan masakan Indonesia?

Lumpia

Makanan Filipina yang Mirip Makanan Indonesia  | Breaktime
Lumpia dari Filipina

Filipina memiliki makanan khas yang sangat mirip dengan yang ada di Indonesia. Yups! Lumpia. Makanan yang menggunakan kulit pangsit isi sayuran, bihun, daging ayam, udang, rebung atau lainnya. Ini benar-benar mirip 100 persen dengan lumpia khas Semarang yang sering kita jumpai. Bedanya, jika di Indonesia hanya menyediakan satu jenis saus sebagai pelengkap, Filipina memiliki lebih dari 3 jenis saus, lho!

Ayam kecap

Makanan Filipina yang Mirip Makanan Indonesia  | Breaktime
Mirip sekali dengan ayam kecap Indonesia, bukan?

Salah satu makanan khas Filipina juga ada yang mirip sekali dengan ayam kecap di Indonesia. Namanya Chicken Adobo. Rasanya? Jangan ditanya, Filipina adalah ahlinya mengolah makanan dari ayam. Namun, kira-kira rasanya mirip seperti ayam kecap tidak, ya? B’timers ada yang sudah pernah mencoba?

Bubur merah

Makanan Filipina yang Mirip Makanan Indonesia  | Breaktime
Biko Filipina mirip dengan bubur merah

Bubur ini mungkin sangat familiar bagi mereka yang bersuku Jawa. Pasalnya, bubur merah ini sering dimasak untuk memperingati hari kelahiran berdasarkan penanggalan Jawa. bubur merah dibuat dengan memasak beras menjadi bubur pada umumnya. Kemudian ditambahkan gula merah sebagai seasoning. Nah, Filipina ternyata juga punya masakan sejenis bubur merah yaitu Biko. Jika bubur merah menggunakan parutan kelapa sebagai topping, Biko menggunakan abon daging. Yummy!

Es teler

Makanan Filipina yang Mirip Makanan Indonesia  | Breaktime
Es teler Halo Halo khas Filipina

Halo Halo yang tampak menyegarkan ini adalah es telernya Filipina. Dengan kuah santan dan susu yang creamy ditambah satu scoop es krim ungu yang manis di atasnya, dessert ini sungguh luar biasa jika dinikmati di siang hari yang panas. Nah, isian Halo Halo ini juga sama persis dengan es teler di Indonesia. Di atas es serut ada mutiara, pisang, rumput laut, kacang merah atau kacang hijau, kelapa muda, kolang-kaling, roti tawar dan lain-lain.

Baca juga : STREET FOOD: MANISNYA HALO-HALO DARI FILIPINA

Bakwan

Makanan Filipina yang Mirip Makanan Indonesia  | Breaktime
Gorengan Filipina yang mirip bakwan

Ukoy, di Indonesia sering disebut dengan bakwan. Bentuknya memang sangat mirip dengan bakwan yang ada di Indonesia. Apalagi dengan seekor udang yang nyempil dengan manis di tengah-tengah gorengan. Isinya juga sama seperti wortel, kubis, kecambah dan lain-lain.

Ternyata, banyak juga ya, makanan khas Filipina yang mirip dengan makanan Indonesia. Kalau Anda, sudah pernah coba yang mana, B’timers? (nap)

Share This Article