Makanan Berwarna Lebih Sehat, Mitos Atau Fakta? | Breaktime
Makanan Berwarna Lebih Sehat, Mitos Atau Fakta?
19.08.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Fakta bahwa makanan berwarna lebih sehat



B’timers sudah pernah mencoba diet? Iya, kan sekarang ada banyak tuh, metode diet. Salah satunya yang banyak disenangi wanita zaman sekarang adalah the beige diet, diet ini terdiri dari sejumlah makanan yang diproses, contohnya kue, sereal, potator chips dan gorengan. Pasti enak, ya, kalau kita makan yang instan dan sudah kemasan.

Menurut Susan Bowerman, author buku What Color is Your Diet, kita cenderung suka dengan makanan karena melihat dari rasa, harga dan kemudahannya. Karena itulah, produsen makanan sukses membuat makanan yang gampang dikonsumsi, harganya tidak mahal serta sudah lengkap mengandung gula, garam dan lemak. Tapi, yang sering kita tidak tahu, sebenarnya ada satu kandungan nutrisi yang tidak ada dalam beige diet. Apa itu?

Baca juga : 7 BUAH AJAIB BANTU MENGHILANGKAN KOLESTEROL

Itu adalah phyronutrient, sejenis antioksidan alami yang dapat membantu melindungi dari kanker. Lalu, darimana kita bisa mendapatkannya? Nah, ternyata kita bisa tahu kalau makanan mengandung nutrisi yang satu ini dari warnanya. Ini sekaligus menjawab pertanyaan “Apakah makanan berwarna lebih sehat?”  Jadi, yang dimaksud di sini bukan makanan dengan pewarna, seperti permen dan kue, lho.

Melainkan, makanan yang alami seperti sayur dan buah yang berwarna. Yuk, sekarang kita cari tahu saja, apa arti warna alami makanan dan nutrisi yang dikandungnya. Makanan dengan warna biru atau ungu seperti buah blueberry atau sayur terong kaya antioksidan. Terutama buah dengan warna biru punya kandungan antioksidan bernama anthocyanin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Makanan Berwarna Lebih Sehat, Mitos Atau Fakta? | Breaktime
Semangkuk salad buah warna-warni untuk kesehatan yang hakiki

Beda lagi dengan makanan yang berwarna hijau. Menurut Bowerman, Green foods banyak mengandung isothiocyanates yang bisa membantu produksi enzim di dalam liver, di mana fungsi enzim ini adalah untuk membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Ada lagi kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin K, folic acid, potasium, asam lemak omega-3 pada buah dan sayur hijau ini.

Berikutnya, adalah makanan berwarna merah. Warna yang cantik ini ternyata juga sangat menyehatkan, lho, karena kaya kandungan antioksidan lycopene. Antioksidan ini bisa membantu melindungi tubuh dari serangan kanker dan juga mengurangi risiko serangan jantung. Oh ya, saus tomat juga bisa jadi sumber yang baik untuk antioksidan ini, lho.

Terakhir, sayur dan buah yang berwarna kuning atau oranye. Cerah dan segar, khususnya buah yang berwarna kuning ini sangat kaya vitamin dan C. B’timers bisa mendapatkannya dari mangga, wortel, ubi dan apricot. Yuk, mulai sekarang perbanyak makan yang warna-warni biar makin sehat. (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE