Makanan Berkarbohidrat Sebabkan Kantuk? | Breaktime
Makanan Berkarbohidrat Sebabkan Kantuk?
14.03.2015

Rasa kantuk bisa dialami kapan saja dan di mana saja. Nah, tidur cukup di malam hari adalah kunci utama terkumpulnya energi di siang hari dan sebenarnya, dalam hal ini pola makan B’timers juga memegang peranan penting. Karbohidrat memang menjadi sumber utama bagi energi tubuh, namun konsumsi yang tidak tepat justru bisa jadi merugikan.

Karbohidrat dapat menyebabkan perubahan pada senyawa kimia dalam gula darah, pencernaan, dan juga otak yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Karena itulah, makanan berkarbohidrat sebenarnya cocok untuk dijadikan bedtime snack. Lantas makanan apa saja yang sebaiknya tidak disantap untuk makan siang? Lawan rasa kantuk B’timers dengan menghindari makanan berikut:

Oatmeal

Oatmeal terbuat dari padi-padian yang cenderung meningkatkan kadar gula darah.
Oatmeal terbuat dari padi-padian yang cenderung meningkatkan kadar gula darah.

Padi-padian pada oatmeal memicu produksi insulin hampir seperti pada roti gandum. Ya, oatmeal bisa meningkatkan gula darah secara alami dan membuat Anda merasa mengantuk. Oat juga kaya melatonin, yang dapat membuat tubuh rileks dan membantu Anda untuk lebih mudah tidur.

Almond

Almond menurunkan kinerja otot sehingga tubuh jadi lebih rileks karenanya.
Almond menurunkan kinerja otot sehingga tubuh jadi lebih rileks karenanya.

Almond mengandung tryptophan dan magnesium yang membantu mengurangi fungsi otot dan saraf secara alami sekaligus menstabilkan ritme denyut jantung Anda. Nah, di sisi lain, hal ini membuat tubuh jadi rileks sehingga B’timers akan merasa mengantuk.

Roti gandum

Roti gandum sangat tinggi karbohidrat yang menyebabkan lonjakan gula darah.
Roti gandum sangat tinggi karbohidrat yang menyebabkan lonjakan gula darah.

Karbohidrat yang terkandung di dalam roti gandum cenderung menaikkan tingkat glukosa dalam darah. Begitu tingkat glukosa kembali turun, hal itu dapat mengakibatkan terkurasnya energi. Dampaknya, Anda jadi merasa lemas dan ingin tidur.

Nah B’timers, karbohidrat sangat baik dikonsumsi sebelum beraktivitas atau saat akan melakukan olahraga. Tapi jangan sekali-sekali menyantap makanan tinggi karbohidrat di jam-jam rawan kantuk kalau tidak ingin Anda tertidur.

Share This Article