Makanan Basi yang Tak Hanya Lezat Tapi Bergizi | Breaktime
Makanan Basi yang Tak Hanya Lezat Tapi Bergizi
01.09.2017

B’timers, umumnya setiap orang gak akan mau mengkonsumsi makanan yang sudah basi, bukan. Makanan yang basi memang tak boleh dikonsumsi karena kandungan gizinya yang sudah hilang, selain itu rasanya juga tak akan lagi lezat seperti sebelum basi. Tapi lain halnya apabila makanan tersebut memang sengaja dibusukkan. Sadar atau tidak, beberapa makanan memang sengaja dibuat basi terlebih dahulu agar lebih lezat, dan bahkan memiliki gizi yang jauh lebih baik.

Pasti Anda sendiri sudah tak asing lagi dengan makanan tersebut, karena sudah sering sekali di jumpai diberbagai tempat, mulai dari pasar tradisional sampai cafe-cafe kekinian. nah, kali ini Breaktime bakalan mengulas apa saja makanan yang walaubasi tapi tetap memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizi yang banyak pula. Yuk, terus simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food

Makanan basi yang pertama adalah tempe oncom, tentu Anda yang sejak kecil di Indonesia sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tidak hanya lezat, tempe oncom juga memiliki banyak sekali kandungan gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, air, zat besi, kalium, serta natrium. Proses fermentasilah yang akhirnya membuat oncom ini memiliki banyak sekali kandungan gizi.

Makanan Basi yang Tak Hanya Lezat Tapi Bergizi | Breaktime
Oncom goreng, enak banget dimakan saat hujan

Oncom biasanya diolah sebagai bahan tumis, sambal, pepes, perekedel, keripik, dan berbagai jenis olahan lainnya. Untuk rasanya? Tak perlu diragukan lagi, bagi Anda penggemar masakan nusantara pastinya akan ketagihan dengan Oncom.

Selanjutnya adalah yoghurt, sama halnya dengan keju, yoghut juga mengalami fermentasi dengan bakteri. Tidak hanya enak, yoguht juga memiliki segudang gizi dan manfaat yang baik bagi tubuh. Yogurt memiliki nilai gizi yang sangat baik, jadi dengan konsumsi yoghurt secara teratur kita akan mendapatkan manfaat kesehatan, meliputi kesehatan jantung, kesehatan tulang,  dan bahkan kesehatan kulit.

Selain tempe oncom dan yoghurt, Kimchi juga menjadi makanan basi tapi lezat yang memiliki banyak sekali manfaat. Anda yang penggemar drama Korea pastinya sering banget menjumpai makanan ini disetiap serialnya. Kimchi dibuat dengan membalur bunga kol menggunakan campuran bahan asin dan pedas lalu dibiarkan selama beberapa hari di tempat yang kedap udara. Bumbu yang digunkan juga sangat banyak sekali, jadi bagi Anda yang tak terbiasa dengan makanan Korea mungkin akan terasa aneh.

Makanan Basi yang Tak Hanya Lezat Tapi Bergizi | Breaktime
Kimchi biasanya dikonsumsi dengan hidangan lain, misal olahan daging
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Percaya Atau Tidak, Gula Bisa Pengaruhi Mood?

Beralih ke Negri Sakura, Jepang juga memiliki makanan yang sengaja dibuat basi terlebih dahulu baru dikonsumsi. Yaitu miso, makanan ini menjadi hidangan yang wajib ada di Jepang, lho. Biasanya digunakan untuk saus atau bahan masakan. Untuk membuatnya kacang kedelai difermentasi menggunakan garam dan bakteria. Barley, nasi, dan biasanya ditambahkan gandum agar rasanya lebih nikmat.

Jika Korea Selatan punya kimchi, maka masyarakat Jerman juga memiliki makanan sejenis yang disebut dengan sauerkraut. Makanan ini terbuat dari bunga kol yang disuir-suir lalu dicampur dengan garam dan dibiarkan sampai rasanya menjadi asam. Perbedaan kimchi dan sauerkraut mungkin terletak pada penggunaan bumbu, dimana kimchi menggunkan bumbu yang lebih banyak dan bervariasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Masakan Sunda Ini Bikin Anda Ketagihan!

Nah, itulah beberapa makanan basi yang tidak hanya lezat tapi juga memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa makanan tersebut bisa dengan mudah Anda jumpai kok, B’timer.(dsa)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE