Makanan Apa Saja yang Bersahabat dengan Jantung? | Breaktime
Makanan Apa Saja Ya, yang Bersahabat dengan Jantung?
08.12.2015

Meskipun sempat diberitakan bahwa jumlah penderita penyakit jantung menurun beberapa waktu terakhir, namun tahukan Anda, penyakit jantung tetap berada di urutan pertama sebagai penyebab kematian di Amerika?

Disebabkan aktivitas yang padat, kita jadi mengabaikan beberapa unsur kesehatan seperti terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, sampai sangat jarang berolahraga. Anda tentu tidak ingin menderita penyakit jantung di usia muda kan, B’timers?

Jika membicarakan sumber makanan untuk kesehatan jantung, berarti kita harus mengisi piring dengan sayuran dan buah, lebih memperhatikan kandungan serat dalam makanan, rutin mengkonsumsi ikan segar paling tidak seminggu sekali, mengurangi lemak jahat, juga penggunaan garam.

Nah, apa saja sih, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan jantung kita?

     1. Yogurt

Untuk yogurt sendiri, Anda bisa pilih yang tanpa rasa. Salah satu penelitian di Jepang telah menemukan hubungan antara kesehatan mulut dengan resiko penyakit jantung. Yogurt mengandung probiotik yang ternyata baik untuk mengurangi berkembangnya bakteri buruk di dalam mulut.

     2. Kismis

Kismis yang kaya akan antioksidan, baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap resiko iritasi di dalam mulut, sama seperti yogurt. Dengan mengonsumsi kismis, Anda sekaligus dapat menjaga jantung.

Makanan Apa Saja yang Bersahabat dengan Jantung? | Breaktime
Gandum utuh yang kaya serat bisa berupa olahan roti, atau mie

     3. Gandum utuh

Mereka yang rutin memakan gandum utuh, beresiko lebih sedikit terserang penyakit jantung dibanding mereka yang tidak. Kandungan serat tinggi di dalam gandum sendiri, membantu pembuangan lemak yang mengendap dalam tubuh yang mengakibatkan kolesterol.

     4. Biji-bijian

Seperti gandum, semua jenis biji-bijian mengandung serat yang baik untuk kesehatan kita. Pengarang buku Eating Well for a Healthy Hearth, Philip Ades, menyarankan Anda untuk mengkonsumsi minimal setengah cangkir kacang setiap harinya.

     5. Salmon (ikan segar lainnya)

Konsumsi satu porsi atau lebih olahan salmon dapat mengurangi sekitar 30 % resiko penyakit jantung. Ikan yang mengandung lemak, seperti salmon dan tuna kaya akan omega-3, baik untuk menghindari pembekuan darah. Omega-3 juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

     6. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang, seperti walnut, kenari, almond, bahkan kacang tanah, kaya mineral dan vitamin. Dan dengan takaran yang cukup, Anda dapat membantu menyehatkan jantung. Minimal 2 – 4 hari sekali atau paling tidak dalam seminggu Anda wajib menikmati kacang sebagai camilan.

     7. Cokelat

Wow, siapa yang tidak pernah memakan jenis manisan yang satu ini? Tapi tunggu dulu B’timers, di sini yang dimaksud adalah cokelat hitam, yang sangat minim kandungan gulanya. Cokelat dapat meningkatkan sistem imun kita dengan mengurangi resiko infeksi.

     8. Tomat

Dengan vitamin C, vitamin A, potassium dan serat, tomat yang bisa disajikan sebagai buah atau diolah sebagai salad ini, ternyata mempunyai manfaat yang sama untuk kesehatan jantung kita, loh.

     9. Apel

Buah manis yang segar ini juga sangat baik bagi Anda yang menginginkan jantung sehat. Konsumsi apel tanpa mengupas terlebih dahulu, ternyata jauh lebih baik. Karena kulit apel yang paling banyak mengandung serat.

    10. Buah beri

Beri yang dimaksud di sini adalah semua beri. Seperti strawberry, blueberry, raspberry dan billberry sama khasiatnya. Campur semua buah beri dalam wadah juga bisa disajikan bersama oatmeals, dan jadikan sebagai menu sarapan atau camilan sore hari.

Makanan Apa Saja yang Bersahabat dengan Jantung? | Breaktime
Olahraga rutin juga dapat menyehatkan jantung

Selain menjaga pola makan, tetap jangan lupakan pentingnya olahraga ya, B’timers. Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk berolahraga ringan. Inti yang terpenting, Anda harus selalu aktif bergerak.

Kini Anda tidak perlu takut lagi kan B’timers? Selain dengan program gaya hidup sehat seperti diet yang dianjurkan dokter, diimbangi dengan olahraga rutin tentunya, resiko penyakit mematikan bisa kita hindari.

Share This Article