Makanan Aneh di Indonesia Bikin Bergidik Geli | Breaktime
Makanan Aneh di Indonesia Bikin Bergidik Geli
24.11.2017

Indonesia adalah negara Kepulauan dengan suku dan kebudayaan yang sangat kaya dan beragam. Setiap suku di Indonesia memiliki rumah, pakaian adat, hingga seni tarian yang berbeda-beda. Bahkan tiap daerah pun memiliki masakan khas yang bermacam-macam lho. Dan bahkan beberapa golongan masyarakat punya hidangan favorit yang sangat bizarre! Beranikah Anda mencicipi makanan aneh di Indonesia berikut ini?

Buat Anda yang pernah berkunjung ke Pulau Bali, pasti pernah paling tidak mendengar nama hidangan lawar. Hidangan lauk khas Bali ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Lawar Nangka dan Lawar Babi. Lawar Nangka terbuat dari irisan nangka muda, kacang panjang yang dihidangkan dengan parutan kelapa muda dan bumbu-bumbu. Tapi kalau Anda ingin menikmati lawar yang menjadi salah satu makanan aneh di Indonesia, yang wajib B’Timers coba adalah lawar babi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle : Sejuta Manfaat Fermentasi Kubis

Dibandingkan dengan lawar nangka, lawar babi memiliki twist yang cukup membuat Anda geli. Ya, penduduk Bali mengolah hidangan ekstrim ini dengan mencampurkan darah babi segar ke dalamnya sehingga menghasilkan warna merah yang khas. Lawar biasanya disajikan saat acara-acara keagamaan di Bali, tapi kalau Anda mau mencoba lawar babi ini Anda bisa menemukannya dengan mudah di warung yang menjual hidangan olahan babi.

Sedang berkunjung ke kota Manado? Jangan lewatkan hidangan paniki, kalau Anda cukup bernyali. Karena daging yang digunakan pada kuliner bersantan ini bukan daging sapi atau ayam, melainkan daging kelelawar. Paniki, bersama dengan hidangan olahan daging kelelawar lain seperti sate kelelawar dan kelelawar goreng menjadi kuliner favorit masyarakat Manado. Bukan hanya rasanya yang katanya lezat, tapi juga daging kelelawar dipercaya membawa khasiat mengatasi asthma, alergi dan sebagai sumber energi. Berani menjajal khasiatnya, B’Timers?

Makanan Aneh di Indonesia Bikin Bergidik Geli | Breaktime
berani coba makanan aneh di Indonesia ini?

Kalau melihat ulat belatung saja sudah membuat Anda mual, beranikah Anda melawan rasa mual tersebut dengan menyantap ulat sagu? Ulat dengan penampilan yang sangat mirip dengan belatung ini adalah jenis kuliner yang lazim ditemukan jika Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Barat dan Papua. Ulat sagu tersedia dalam bentuk olahan sate atau bahkan pepesan. Tapi kalau Anda ingin pengalaman kuliner ekstrim yang paling berkesan, cobalah memakannya mentah-mentah.

Salah satu makanan ekstrim dari daratan Eropa adalah blood sausage, yaitu sosis yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan darah domba atau sapi yang dibungkus dan disajikan di dalam usus hewan tersebut. Nah, Indonesia juga memiliki hidangan blood sausage yang tak kalah menantang lho.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Yang Terjadi Ketika Minum Saat Sedang Makan!

Lagi-lagi dari Bali, Urutan terbuat dari cacahan daging babi yang dicampur dengan darah babi dan dibungkus dengan usus babi. Blood sausage lokal ini biasanya diolah dengan cara digoreng dan disajikan sebagai lauk. Tapi ada juga jenis urutan yang tidak menggunakan darah babi sebagai campurannya.

Hidangan kuliner satu ini mungkin tidak se-ekstrim kuliner sebelumnya, tapi tetap saja hidangan buah keluak ini memberikan sedikit kesan ngeri untuk mencobanya. Keluak adalah buah yang sering sekali dijadikan bahan masakan khas Asia Tenggara. Keluak sering digunakan sebagai bumbu penambah aroma di dalam hidangan rawon atau sup konro.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bertahan Hidup dengan Kenali Ciri Tanaman Beracun

Tapi, jangan berani-berani menyantap buah ini mentah-mentah! Biji dari buah keluwak mentah ataupun yang matang sama-sama mengandung kadar hidrogen sianida yang sangat tinggi. Dalam ilmu kimia, hidrogen sianida adalah senyawa beracun yang dapat mengakibatkan nyawa Anda melayang jika sampai masuk ke dalam aliran darah. Nah, untuk menghilangkan racun tersebut keluwak harus direbus atau dibakar terlebih dahulu.

Sudah pernahkah Anda uji nyali dengan mencoba ragam makanan aneh di Indonesia di atas?  



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE