Makanan Ajaib Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi | Breaktime
Makanan Ajaib Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi
04.07.2017

Kolesterol menjadi momok setiap orang yang hidup di era modern. Kolesterol disebabkan karena pola hidup sehat yang tidak diterapkan. Tak bisa dipungkiri, masyarakat sekarang ini cenderung memilih makanan cepat saji. Hingga mereka lupa akan dampak yang bisa ditimbulkan dari terlalu banyak mengonsumsi fast food. Masyarakat akan lebih memerhatikan diri mereka ketika telah terserang penyakit. Banyak cara menurunkan kolesterol tinggi dilakukan demi kembali mendapatkan tubuh yang sehat.

Padahal mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebelum benar-benar terserang atau mungkin justru lebih parah, mulai saat ini lakukan pola hidup sehat dan terapkan pola makan yang teratur. Paling tidak, biasakan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang memang mampu menurunkan kolesterol.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada 5 Makanan Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol

Apa saja makanan yang mampu menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Awali pagi hari dengan mengganti menu sarapan Anda. Jika biasanya Anda hanya sarapan dengan roti, kini sebaiknya biasakan untuk mengonsumsi oats. Dua porsi oats mampu menurunkan kolesterol LDL sebesar 5,3% hanya dalam waktu 6 minggu. Kandungan dalam oats yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Oats mengandung banyak beta-glukan.

Selain oats, red wine juga tak disangka mampu menurunkan kolesterol tinggi. Red wine mengandung serat tinggi. Sebuah studi yang dilakukan oleh department of metabolism and nutrition di Universidad Complutense de Madrid di Spanyo, menemukan bahwa saat seorang individu mengonsumsi red wine, kadar LDL mereka turun hingga 9%. Untuk yang menderita kolesterol tinggi bahkan bisa turun hingga 12%. Meski demikian, minumlah secukupnya sekitar satu gelas per hari.

Makanan Ajaib Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi | Breaktime
Margarin jadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penting! Daftar Utama Makanan Penurun Kolesterol

Makanan selanjutnya yang mampu menurunkan kolesterol tinggi adalah yang mengandung lemak omega-3. Sudah bukan rahasia umum lagi jika lemak omega-3 jadi salah satu keajaiban kesehatan alami di dunia. Bukan hanya kolesterol, lemak omega-3 bisa menangkal penyakit jantung, demensia, dan masih banyak lagi. Nah, Anda bisa mendapatkan lemak omega-3 dari salmon, sarden, dan ikan laut lainnya.

Teh juga bisa jadi obat atau solusi Anda menurunkan kolesterol tinggi. Teh dikenal mengandung antioksidan yang mampu melawan kanker. Jika kanker saja bisa diobati dengan teh, apalagi kandungan LDL dalam tubuh. Konsumsi teh hitam dalam 3 minggu, maka kolesterol Anda bisa turun hingga 10%. Selain itu, juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Selanjutnya adalah cokelat. Siapa yang tidak suka dengan makanan manis yang satu ini? Cokelat juga mengandung antioksidan yang kuat. Saat Anda mengonsumsi bubuk cokelat murni atau jenis olahan cokelat murni lainnya dalam 12 minggu mampu meningkatkan HDL sebanyak 24%. Jenis cokelat yang mengandung antioksidan kuat adalah dark chocolate, karena mengandung antioksidan lebih banyak tiga kali dibandingkan cokelat susu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Catat, yuk! Inilah Makanan Menurunkan Kolesterol

Margarin rupanya juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Namun, margarin dengan sterol tumbuhan seperti Promise aktif atau Benecol yang mampu menurunkan kadar LDL dalam darah. Sterol tanaman adalah senyawa yang mampu menyerap kolesterol jahat. Kadar LDL bisa turun hingga 3,5%.

Jadi, dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan tersebut, B’timers bisa benar-benar menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Anda juga bisa mengonsumsi banyak buah-buahan, terutama alpukat. So, jangan lupa untuk mulai menerapkan pola hidup sehat demi kehidupan yang lebih baik. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE