Makan Pasta Bikin Badan Gemuk, Masa Sih?
Makan Pasta Bikin Badan Gemuk, Masa Sih?
19.01.2016

Banyak yang mengatakan bahwa makan pasta bikin gemuk. Akibatnya, mereka yang sedang menjalankan diet ketat benar-benar menjaga jarak dengan makanan apapun yang serba pasta. Namun, benarkah pasta bisa bikin badan gemuk?

Teori yang kita kenal selama ini menyatakan bahwa ketika Anda makan banyak karbohidrat, tubuh Anda akan mengolahnya menjadi gula yang kemudian disimpan sebagai lemak. Kenyataannya, makan karbohidrat tidak akan membuat Anda gemuk selama Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan cukup.

Karbohidrat tidak menggemukkan jika jumlahnya tepat
Karbohidrat tidak menggemukkan jika jumlahnya tepat

Anda harus tahu bahwa karbohidrat yang berasal dari sayuran, buah-buahan dan biji-bijian merupakan bagian yang sangat penting dari progam diet sehat yang Anda jalani. Singkatnya, masalah kegemukan bukan terletak pada apa yang Anda makan, tapi berapa banyak jumlah yang dikonsumsi. Artinya, jika Anda mengonsumsi pasta dalam jumlah yang berlebihan, pasta bikin gemuk memang akan menjadi kenyataan.

Barbara Moore, Ph.D., seorang ahli gizi di Clyde Park, Montana, sekaligus juru bicara American Society for Nutrition menjelaskan mengapa orang Amerika mudah gemuk dan bahkan memiliki angka obesitas yang tinggi.

"Orang Amerika cenderung makan terlalu banyak karbohidrat, lemak dan protein. Tapi mereka paling banyak makan karbohidrat yang kemudian membuat mereka mudah gemuk," tuturnya. "Jika Anda pergi ke sebuah restoran, mereka bisa saja menyajikan satu porsi besar pasta dengan banyak saus yang jelas akan menambah banyak kalori. Satu porsi besar pasta tanpa saus saja akan membuat Anda mengangkut 600 kalori masuk ke tubuh.”

Bukan pasta yang membuat Anda gemuk, namun jumlah porsi yang Anda makan
Bukan pasta yang membuat Anda gemuk, namun jumlah porsi yang Anda makan

Jika Anda ingin menikmati lezatnya pasta tanpa harus takut gemuk, Anda bisa memasak sendiri pasta di rumah dengan kombinasi sayur-sayuran dan saus alami. Ahli gizi merekomendasikan dua atau tiga ons mie mentah per orang. Jika Anda ingin lebih kenyang, kurangilah takaran mie tersebut dan tambahkan dengan berbagai sayuran seperti brokoli hijau, kubis, wortel dan paprika. Itu mungkin terlihat seperti jumlah yang kecil bagi Anda, tetapi cobalah berpikir bahwa pasta sebagai bahan, bukan sebagai dasar piring.

Agar lebih aman dari kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, jangan menumis sayuran untuk pasta dengan minyak. Sebagai alternatif, sangrai tanpa minyak sampai layu atau Anda juga bisa merebusnya. Untuk saus, sebisa mungkin gunakan saus homemade yang bisa Anda atur sendiri agar lebih rendah kalori.

Jika Anda menerapkan aturan di atas, teori pasta bikin gemuk tak akan terjadi pada Anda. Ingat ya, B’timers, bukan pasta yang membuat Anda gemuk, tapi sebanyak apa porsi pasta yang Anda konsumsi. (nap)

Share This Article