Makan Mie Instan Bikin Sehat? Ini Tipsnya! | Breaktime
Makan Mie Instan Bikin Sehat? Ini Tipsnya!
01.08.2016

Mie instan, dua kata ajaib yang seketika membuat perut terasa lapar. Apalagi mie instan buatan Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Sayangnya, mie instan yang kerap jadi penyelamat pertama kelaparan yang dialami anak kost ini justru dianggap sebagai makanan jahat yang sama sekali tidak sehat. Masa sih? Padahal jika Anda tahu tipsnya, Anda bisa mengubah mie instan jadi makanan sehat. simak, yuk!

Kurangi sodium

Salah satu yang membuat mie instan termasuk dalam kategori “makanan jahat” adalah kandungan sodium tinggi yang ada pada bumbunya. Nah, untuk mengurangi sodium dalam mie instan, buang bumbunya dan racik sendiri bumbu mie instan dengan rempah yang segar. Takut rasa lezatnya jadi hilang? Oke, boleh deh pakai bumbu instannya, tapi dikit saja, ya! 

Makan Mie Instan Bikin Sehat? Ini Tipsnya! | Breaktime
Buang bumbunya dan bikin bumbu sendiri

Tambahkan protein

Salah satu cara mengubah mie instan menjadi makanan yang menyehatkan adalah dengan menambah protein di dalamnya. Protein yang dimaksud adalah protein hewani yang baik. Tapi jangan telur, ya! Makan mie instan dengan telur akan semakin menambah kalori yang membuat Anda gemuk. Sebaliknya, gunakan dada ayam, salmon, tuna, udang atau daging. Makan mie instan sudah enak, apalagi ditambah daging. Mantap, kan?

Masak mie setengah porsi

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam mie instan termsuk ke dalam jenis karbohidrat kosong. Artinya, tidak ada gizi baik yang didapat melainkan kalori yang masuk ke tubuh. Nah, untuk menghindari mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat kosong, masak setengah porsi mie instan saja. Hah, setengah porsi, nggak kenyang, dong? Tenang, langsung ke tips berikutnya, yuk!

Makan Mie Instan Bikin Sehat? Ini Tipsnya! | Breaktime
Tambahkan sayuran agar lebih kenyang dan sehat

Tambah sayur!

Jangan khawatir tidak kenyang karena mengurangi porsi mie instan. Tambahkan sayur, B’timers! Jika tadi Anda sudah menambah protein hewani, kini saatnya menambah protein nabati yang enak dan super sehat. Tambahkan sayuran hijau seperti brokoli atau sawi. Sayuran lain seperti wortel dan jamur juga tak kalah enak untuk membuat lidah Anda bergoyang sekaligus perut kenyang.

Jadi, bagaimana? Keren kan, tipsnya. Well, makan mie instan tidak selamanya mengganggu kesehatan jika Anda tahu caranya. Semoga membantu, ya! (nap)

Share This Article