Makan Biji-bijian Bisa Bantu Menahan Rasa Lapar? | Breaktime
Makan Biji-bijian Bisa Bantu Menahan Rasa Lapar?
29.07.2016

Jenis makanan yang bermanfaat untuk kesehatan semakin beragam. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, banyak pula makanan yang berfungsi sebagai menahan rasa lapar. Ada beberapa jenis makan yang dapat dikonsumsi untuk membuat perut kenyang sementara lho B‘timers, yaitu chia seed, flaxseed, dan oatmeals.

Kali ini kita akan membandingkan dari ketiga jenis makanan tersebut mana yang mampu memberikan manfaat menahan rasa lapar lebih lama. Sebelumnya apakah B‘timers merasa asing dengan ketiga jenis makanan tersebut? Berikut merupakan penjelasan tentang chia seed, flaxseed, dan oatmeals.

Chia Seed (Biji Chia)

Makan Biji-bijian Bisa Bantu Menahan Rasa Lapar? | Breaktime
Chia seed atau Biji Chia

Biji Chia merupakan benih tanaman asli Salvia yang berasal dari Mexico. Biji chia mengandung kalori, lemak, dan protein. Biji Chia juga mengandung kalsium dan gizi tinggi, serta dapat digunakan sebagai antioksidan. Biji Chia pernah digunakan sebagai makanan para prajurit Aztec. Saat ini biji Chia sering digunakan sebagai makanan untuk diet kalori.

Flaxseed (Biji Rami)

Makan Biji-bijian Bisa Bantu Menahan Rasa Lapar? | Breaktime
Flaxseed atau Biji Rami

Berbeda dengan Chia seed, Flaxseed mengandung lemak omega-3, kalori, lemak, protein, dan karbohidrat. Flaxseed mengandung kalsium lebih rendah dibandingkan dengan Chia seed. Flaxseed juga sangat mendukung untuk metabolisme tubuh B‘timers.

Oatmeals

Makan Biji-bijian Bisa Bantu Menahan Rasa Lapar? | Breaktime
Oatmeals

Oatmeals terbuat dari butir-butir gandum. Oatmeals mengandung betaglucan tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, oatmeal juga mengandung vitamin B dan kalori lebih banyak. Sejak dulu, oatmeals telah menjadi menu untuk sarapan. Oatmeals telah lama menjadi makanan pokok untuk orang-orang yang melakukan program diet. Hal ini dilakukan karena kandungan karbohidrat dan serat tinggi dalam oat dapat memperlambat rasa lapar dan menstabilkan kadar glukosa dalam darah.

Kandungan yang terdapat dalam ketiga jenis makanan tersebut membuktikan bahwa oatmeals merupakan bahan makanan yang dapat menahan rasa lapar lebih lama. Jadi, apakah B’timers mulai tertarik untuk rajin mengonsumsi oatmeals? (vpd)

Share This Article